Published On: Rab, Des 25th, 2019

Hanya Seorang WBP Lapas Tuban Terima Remisi Natal

seputartuban.com, TUBAN – Rabu (25/12/2019), Lembaga Pemasyarakatan Tuban menyerahkan remisi kepada salah satu warga binaan pemasyarakat (WBP). Yang bersangkutan menerima remisi khusus selama 15 hari dari seluruh vonis yang telah ia terima.

Kasubsie Regbimkemas Lapas Tuban, Wenda Indra B, menjelaskan penerima remisi tersebut adalah Petrus Tinu. Dia tersangkut kasus pelanggaran UU No. 35 tahun 2014 (perlindungan anak). Kemudian mendapat vonis hakim harus menjalani masa hukuman 5 tahun atau bebas murni pada 01/01/2024. Dia mulai menjalani masa tahanannya pada 15/02/2019. Pengurangan masa hukuman melalui remisi ini sangat berarti bagi Petrus.

Penduduk asli Kelurahan Nonongan, Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan itu merupakan salah satu dari 4 orang di Lapas Tuban yang beragama nasrani. Namun dia satu-satunya yang memenuhi syarat menerima remisi. “Karena ketiga lainnya masih berstatus tahanan atau belum mendapat vonis dari hakim. Karena syaratnya diantaranya adalah harus sudah divonis dan berkekuatan hukum tetap serta berkelakukan baik selama 6 bulan,” ungkap Wenda.

Wenda menambahkan bahwa Remisi diberikan oleh negara untuk WBP yang sudah memenuhi syarat syarat tertentu sesui aturan yang telah ditetapkan. “Ya kebetulan hari ini bertepatan dengan hari natal. Maka remisi khusus natal diberikan kepada WBP yang sudah memenuhi syarat. Harapan saya setelah WBP tersebut menerima remisi lebih taat beribadah , dan selalu mengikuti program pembinaan di dalam lapas. Karena salah satu syarat menerima remisi harus berkelakuan baik selama di dalam Lapas,” jelasnya.

Pemberian remisi itu diserahkan oleh Wenda kepada penerima. ” Puji Tuhan, ini hadiah natal dari negara karena saya mendapatkan remisi natal sebesar 15 hari, terima kasih banyak,” tutur Petrus . NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos