Published On: Sab, Mar 15th, 2014

Hanya PBB Tidak Ikuti Deklarasi Damai Di Polres Tuban

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – 1 Partai Politik (Parpol) tidak mengikuti deklarasi damai Parpol / Calon Legeslatif (Caleg) Pemilu tahun 2014. Yang diadakan oleh Polres Tuban di gedung serba guna Mapolres Tuban, Jum’at (14/3/2014).

DAMAI : Pimpinan dan utusan Parpol saat deklarasi di Polres Tuban

DAMAI : Pimpinan dan utusan Parpol saat deklarasi di Polres Tuban

Deklarasi dihadiri perwakilan pengurus Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Pembangunan Pembangunan (PPP), Partai Hanura.  Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI). Sedangkan utusan dari Partai Gerindra paling datang terlambat. Adapun partai yang absen hadir adalah Partai Bulan Bintang (PBB).

Kapolres Tuban, AKBP Ucu Kuspriyadi saat dikonfirmasi usai acara mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk menyatukan visi dan misi demi terciptanya kemanan, ketentraman dan kelancaran dalam pesta demokrasi tahun 2014.

Dalam sambutannya yang membacakan surat telegram dari Kapolda Jatim, Irjen Unggung Cahyono menyampaikan dalam deklarasi ini telah disepakati beberapa poin. Diantaranya setiap Parpol harus bisa saling bekerjasama dan mengamankan Pemilu. Mengawal setiap kampanye yang diselenggarakan dengan menjunjung etika politik.

Bagi yang kalah harus menerima secara sportif dan bagi yang menang harus merangkul seluruh elemen masyarakat. Menyampaikan minat pemilih, jangan merendahkan calon lawan apabila memasang banner atau selebaran. Tterkait Parpol yang tidak hadir, Kapolres belum belum menerima konfirmasi alasan ketidak hadirannya. Namun pihaknya akan tetap memberlakukan aturan dan kesepakatan dalam deklarasi yang sudah ditanda tangani itu. “Nanti kita akan jemput bola dengan mendatangi Ketua Parpol masing-masing. Katanya tadi perjalanan tapi belum datang, ” katanya.

Terkait pengamanan kampanye, Ucu menegaskan bahwa atas akhir penyerahan laporan pemberitahuan kampanye maksimal 7 hari sebelum pelaksanaan. Agar kerawanan dapat mudah diminialisir. Selain itu, potensi kerusuhan bisa dicegah sedini mungkin. ” H-7 harus sudah diserahkan laporan kampanyenya, kita cegah tindak kerusuhan atau kerawanan. Kalau ada unsur kericuhan kita stop, ” ungkap Kapolres. (han)

Facebook Comments

About the Author

Videos