Published On: Rab, Jun 12th, 2019

Halalbihalal PSHT Cabang Tuban; Sarana Bagi Perhatian dan Kuatkan Persaudaraan

seputartuban.com – Keluarga besar Persaudaraan Setia hati Terate (PSHT) Cabang Tuban, Pusat Madiun, Senin (10/6/2019) malam melaksanakan halalbihalal. Di Padepokan PSHT Cabang Tuban bersama pengurus cabang, pengurus ranting dan Pamter.

KOMPAK : Para sesepuh dan pengurus PSHT Cabang Tuban dan Ketua Ranting berada di panggung acara

Dalam acara itu, Ketua Dewan Pertimbangan Cabang, Kangmas Sumarno membacakan Mukadimah diawal acara. Hal itu kembali sebagai pengingat kepada warga PSHT tentang ajaran sehingga tetap seperti apa yang siduh diajarkan menjadi dasar bersikap dalam berorganisasi paseduluran. Maupun untuk bekal kehidupan ditengah masyarakat hingga kehidupan dialam keabadian.

Sementara itu, Ketua PSHT Cabang Tuban, Kangmas Lamidi mengatakan dilaksanakan halalbihalal merupakan tradisi dalam SH Terate.  “Halalbihalal bukan hal baru bagi kita. Karena di organisasi PSHT ajaran memohon maaf sudah diharuskan setiap kali bertemu antar siswa, warga maupun keluarga besar PSHT. Ajaran SH setiap kali bertemu sudah didahului saling salaman (berjabat tangan) untuk saling memaafkan,” katanya.

Menjelang satu abad SH Terate pada tahun 2022, dalam menyikapi perkembangan  zaman banyak cobaan dan tantangan yang harus dihadapi. Mulai digoyang dari dalam dan rongrongan dari luar organisasi PSHT untuk pecah belah oleh pihak tertentu.  “Ibarat air kita sulit dipisah. oleh sebab itu, mari rapatkan barisan.  Mari kita jaga kondusifitas tuban. Bagi, siapa saja yang mencoba memecah belah harus kita ingatkan dan digandeng untuk kembali bersatu membawa SH Terate,” paparnya.

PEDULI : Ketua PSHT Cabang Tuban, Lamidi didampingi Pembina Dompet Peduli Dulur saat menyerahkan bantuan pendidikan atlet prestasi mulai SD sampai SMA

Ia, bahkan mengajak segenap keluarga besar PSHT Cabang Tuban, Pusat Madiun untuk saling mengingatkan dan mendoakan agar tetap berpegang ajaran. ” Mari Kita doakan agar mereka sadar kembali kepada kita, Puluhan tahun ajaran PSHT sudah teruji tetap kuat dan guyub rukun. Karena, dalam SH Terate tidak memandang ras atau membeda bedakan siapa kamu siapa saya. Itulah bukti kalau PSHT milik kita bersama,” tutupnya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pemberian bantuan pendidikan untuk atlet prestasi. Yang diserahkan langsung oleh Pembina Dompet Peduli Dulur, Mas Adi Widodo, warga asal Ranting Bangilan tahun 1993. Pengalaman dan jaringannya membuat dia tergerak kembali ke Bumi Ronggolawe untuk berperan lebih kepada sesama saudara maupun masyarakat luas.

SEMANGAT SOSIAL : Para Ketua Ranting foto bersama usai menerima bantuan dana sosial dari Dompet Peduli Dulur

Atlet prestasi tingkat SD, SMP dan SMA diberikan bantuan dana pendidikan dengan didampingi orang tua dan pelatihnya masing-masing. “Ini harus kita lakukan untuk memberikan motivasi bagi anak, orang tua, pelatih bahkan yang belum prestasi. Pencak Silat selain ajang meraih prestasi juga sebagai sarana mendidik jiwa serta wujud nyata menjaga warisan budaya bangsa,” katanya. Dalam kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan dana sosial untuk Ranting. “Insyaallah, silaturrahmi ini akan terus terjaga. Dompet Peduli Dulur akan terus berpartisipasi ikut meningkatkan SDM serta mengangkat potensi – potensi di PSHT dan masyarakat. Untuk dapat diperdayakan dan hidup bermanfaat “marang liyan”,” tambahnya. (pshttuban.com)

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos