Published On: Sen, Des 24th, 2018

Guwoterus Potensi Jadi “Rumah Bersama” Climber Nasional

seputartuban.com, MONTONG – Rock Gath 4 Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Timur, yang dilaksanakan di Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Sabtu (22/12/2018) sampai Minggu (23/12/2018) mengungkap potensi baru. Yakni adanya potensi wisata minat khusus panjat tebing untuk para pemanjat (climber) profesional maupun wisatawan umum. Karena jumlah dan variasi tebing yang ada sangat leluasa untuk dieksplorasi menjadi destinasi wisata. 

Kabid Tebing Alam FPTI Jatim, Ringgo Yudistira, Minggu (23/12/2018) mengatakan kegiatan gathering ini dilakukan sudah ke empat kalinya. Sebelumnya dilakukan di Kabupaten Gresik, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Malang. “Setelah kita survey beberapa tempat, kita putuskan di Desa Guwoterus sebagai lokasinya, selain pilihannya banyak, juga aksesnya mudah,” ungkapnya. 

Salah satu lokasi panjat tebing yang sudah dicoba para Climber pemula hingga profesional

Lokasi dan jenis tebing di desa ini sangat variatif. Mulai kelas pemula sampai profesional sangat cocok. “Tempat yang sekarang ini variasi banyak. Dari pemula sampai pro bisa diakomodir semua. Kita buat yang baru sudah ada 6 jalur baru, juga bisa dipakai setelah ini,” imbuhnya. 

Terkait pengembangan wisata, Ringgo mengungkapkan panjat tebing sangat potensial dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata. Mulai untuk wisatawan umum atau yang masih awam panjat tebing sampai yang profesional.  “Kalau panjatnya sangat potensial, sepanjang desa ini tebing semua. Untuk potensi sangat tinggi. Untuk temen-temen penggiat maupun wisata minat khusus. Kemarin peserta pemula ada yang 50 tahun keatas bisa, terbukti dari peserta kemarin,” jelasnya. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos