Published On: Sel, Jun 19th, 2018

Gua Putri Asih Tetap Jadi Pilihan Libur Hari Raya Idul Fitri

seputartuban.com, MONTONG – Wisata Gua Putri Asih masih menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi saat libur lebaran ini. Keindahan alam di dalam tanah masih belum ada duanya di tempat lain. Gua di kawasan hutan Perhutani Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Nguluhan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Mulyoagung, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan.

Panorama Gua Putri Asih semakin menawan dengan sinar lampu warna

Daya tarik gua ini adalag stalagmit dan stalagtit masih hidup. Dengan beragam bentuk unik dan nampak indah yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. Serta sejumlah legenda didalamnta menambah keseruan saat wisatawan berkunjung.

Aksesnya juga tidak sulit, karena jalan masuk ke lokasi sudah beraspal sampai ke lokasi parkir meski berada di kawasan hutan. Sehingga memudahkan wisatawan yang datang baik pengguna sepeda motor, mobil maupun bus.

Ketua Pengelola Wisata, Cipnal Muchlip M mengatakan dari seluruh ruang yang berjumlah 9 dengan panjang sekitar 300 meter, belum semuanya dibuka untuk umum. Karena sejumlah pertimbangan teknis. Namun untuk wisatawan khusus akan dilayani sampai seluruh ruang goa. “Yang untuk umum 1 sampai ruang 4, yang ruang lainnya sampai pintu keluar gua hanya minat khusus dengan guide khusus, karena jalannya masih ada yang sempit,” katanya, Senin (18/6/2018).

Yang menarik dari wisata ini adalah, lokasi di kawasan hutan menjadikan suasana sejuk untuk dinikmati bersama keluarga dan kolega. Sedangkan kondisi dalam goa, perpaduan lampu warna menjadi bebatuan lebih indah untuk dipakai foto. “Alhamdulillah selama lebaran, wisatawan dari luar Tuban banyak yang datang. Bahkan ada yang dari luar pulau dan luar provinsi,” imbuhnya.

Untuk datang ke lokasi ini, tidak sulit jika ditempuh dari Tuban kota. Pilih  jalur Tuban-Montong, kemudian pilih jalur Montong-Singgahan. Sekitar 6 KM dari Montong, ada papan wisata sebelum masuk Desa Wisata Guwoterus. Masuk ke kiri perempat jalan, dan sebelum masuk wisata, menempuh jalan 2 KM.

Jika dari arah Bojonegoro, pilih jalur Bojonegoro – Tuban selatan, atau jalur provinsi Bojonegoro – Parengan – Singgahan. Kemudian pilih jalur Singgahan-Montong. Sekitar 6 KM dari perempatan anjlok, Singgahan ada papan rambu wisata, masuk ke kanan pada perempatan jalan. Atau pakai fasilitas di google map juga sudah ada.

Diketahui, wisata ini berbasis swadaya masyarakat. Seluruh biaya modal yang dipakai dari dana patungan masyarakat. Gua Putri Asih setiap tahun dipakai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI bersama pimpinan daerah, dengan inspektur upacara secara bergantian. Sejumlah wisatawan VVIP juga kerap datang ke lokasi ini, terakhir adalah istri SSDM Mabes Polri. Wisata ini juga berdekatan dengan wisata lainnya, yakni wisata Sumber Mata Air Kerawak, River Tubing, dan lainnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author