Published On: Sel, Jan 1st, 2019

Gua Putri Asih Tetap Diminati Wisatawan Asing

seputartuban.com, MONTONG – Eksotika Gua Putri Asih nampaknya masih mampu menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung. Tebukti selama liburan natal dan tahun baru, dua kali rombongan wisatawan asal Jerman blusukan di Gua yang masih alami itu. Mereka takjub sekaligus mengagumi keindahan dan kealamian gua yang masih terjaga.

Pengurus Gua Putri Asih, Cipnal Muchlip M, Senin (31/12/2018) mengatakan wisatawan asal Jerman itu pada 25/12/2018 dan tanggal 29/12/2018 berkunjung. Kunjungan pertama adalah suami istri dengan didampingi pemandu wisata. Kemudian yang kedua adalah 5 wanita tanpa pemandu wisata dan sudah dapat berbahasa Indonesia meski terbatas.

“Menurut dari petugas kita yang mendampingi, mereka takjub. Pernah ke Cina melihat gua tapi tidak seindah Gua Putri Asih katanya. Kemudian yang membuat mereka kagum adalah kebesaran, keragaman bentuk batu dan alami yang masih terjaga,” katanya.

Bahkan mereka juga berpesan kepada penjaga wisata agar keaslian dan alami gua tetap dipertahankan. Jangan banyak sentuhan tambahan yang dapat merusak kealamian gua. “Ya pesannya agar tetap dibuat alami, karena banyak gua yang alaminya sudah hilang karena banyak tambahannya,” imbuhnya.

Sebelumnya, wisatawan asa Australia, Jepang, Vietnam dan Korea juga pernah berkunjung di Gua Putri Asih. Rata-rata mereka menemukan informasi keberadaan gua dari internet.  “Sebenarnya wahana wisata di Tuban itu mampu dijual hingga luar negeri, ini buktinya. Tinggal upaya masyarakat dan pemerintah daerah sejauh mana. Kalau masyarakat dibiarkan berjuang sendiri terus, dampaknya akan lama. Padahal pengelolaan pariwisata adalah salah satu solusi jangka panjag untuk kesejahteraan masyarakat kita dan daerah,” tegasnya.

Diketahui, Gua Putri Asih juga sudah dikunjungi sejumlah artis nasional, pengurus Bhayangkari Mabes Polri maupun tokoh ternama lainnya. Hingga saat ini pembangunan dan pengelolaannya berbasis masyarakat yang bersinergi dengan Perhutani selaku pemilik lahan. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author



Berita Terkini

Videos