Published On: Rab, Agu 10th, 2016

Gowes Keliling Kota, Cara Kapolres Tuban Menyapa Masyarakat

TUBAN

seputartuban.com – AKBP Fadly Samad memiliki cara tersendiri untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Tuban sekaligus sebagai sarana komunikasi. Yakni dengan melakukan gowes menyusuri Tuban Kota dengan menggunakan sepeda angin. Dengan cara ini kapolres dapat patroli dialogis langsung dengan masyarakat.

TURUN LANGSUNG : Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad ditengah kunjunganya dengan bersepeda

TURUN LANGSUNG : Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad ditengah kunjunganya dengan bersepeda

Dengan komunikasi secara langsung akan menambah kedekatan Polri dengan masyarakat. Selain itu akan mudah mengetahui sejak dini kondisi maupun kerawanan kewilayahan. Serta aktivitas ini sangat menyehatkan karena bersepeda keliling kota bahkan masuk gang.

“Untuk lebih mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Sehingga selain menyampaikan himbauan tentang kamtibmas, melalui kegiatan ini kami dapat mengetahui pula tentang kerawanan kriminalitas yang sering terjadi,” kata Kapolres.

Dalam sebuah kesempatan, Kapolres Tuban yang didampingi anggota Sat Sabhara Polres Tuban itu juga menyusuri jalan pantura Tuban. Dengan bersepeda akan mengetahui langsung kondisi jalan raya secara detail di kawasan Jalan Diponegoro. Benar saja, hasil dari gowes itu Kapolres mendapatkan informasi langsung dari masyarakat. Yakni sering terjadi kemacetan parah saat jam sibuk. Terutama sekitar SDN Latsari saat pagi dan siang. Sebabnya parkir kendaraan wali murid di bahu jalan saat mengantar atau menjemput anaknya.

Hasil dari informasi tersebut akan ditindaklanjuti, dengan berkoordinasi bersama beberapa pihak. Agar ruas jalan tersebut dapat difungsikan satu arah. Karena dipertimbangkan jalanan tersebut ramai kendaraan melintas sedangkan badan jalan lebarnya hanya 3 meter.

Kapolres juga gowes di kawasan Gang Sadar, Jalan Dr. Soetomo Tuban. Yang dikenal masyarakat kawasan itu marak peredaran Karnopen. “Hasil pantauan kami kepada masyarakat sekitar awal, mula pengedarnya dari wagra luar daerah yang kos diwilayah setempat. Karena banyak pemuda yang belum memiliki pekerjaan tetap akhirnya mereka tergiur dengan keuntungan yang dijanjikan,” lanjut Kapolres.

Pada kesempatan ini Kapolres juga dapat memberikan kebijakan, akan kerjasama dengan keluarahan. Agar Pos keamanan masyarakat difungsikan, serta menghimbau agar masyarakat pro aktif melaporkan jika mengetahui peredaran karnopen diwilayahnya.

Patroli selanjutnya dilanjutkan diwilayah pertokoan sepanjang Jl. Ronggolawe. Disepanjang pusat toko emas tersebut kapolres menyampaikan agar masing-masing pengusaha melengkapi tokonya dengan tralis besi. Agar antara pembeli dan penjual terdapat pembatas atau jarak, sehingga mampu meminimalisir terjadinya tindakan kriminalitas.

Titik yang dianggap rawan aksi kejahatan selanjutnya adalah sekitar makam Sunan Bonang Tuban. Dari laporan yang diterimanya diwilayah tersebut sering terjadi aksi pencopetan, sehingga untuk mengatisipasinya ialah lebih meningkatkan keamanan dengan menambah petugas keamanan. Sasaran Patroli selanjutnya ialah para abang becak, mereka pun tak luput dalam penyampaian pesan-pesan Kamtibmas.

Dari laporan yang diterima ditempat itu sering terjadi pertikaian sesama abang becak lantaran berebut penumpang. “Patroli seperti ini kedepanya akan dilaksanakan berjenjang, sehingga petugas dapat bersosialisasi langsung dengan masyarakat,” tegasnya.

Dengan mengaktifkan patroli sepeda diharapkan terjalin komunikasi yang baik antar petugas dengan masyarakat. Agar saling memberikan informasi untuk pencegahan kejahatan atau mengurangi  terjadinya kriminalitas. Serta menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Tuban. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author