Published On: Rab, Des 16th, 2015

Golput Tinggi Bukti Rendahnya SDM Masyarakat Tuban

TUBAN

Ketua PC PMII Tuban, Fathur Rohman

Ketua PC PMII Tuban, Fathur Rohman

seputartuban.com – Wajah demokrasi di Kabupaten Tuban tercoreng karena banyaknya masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam Pemilukada 9 Desember 2015. Ini membuktikan masih rendahnya kesadaran politik sekaligus wujud kekecewaan masayarakat kepada pemerintah.

Ketua Umum Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC. PMII) Kab. Tuban, Fathur Rohman mengatakan masyarakat Tuban masih membutuhkan pendidikan politik dan demokrasi. Agar mereka sadar pentingnya menggunakan hak pilih. Serta saat menggunakan hak pilihnya digunakan dengan bijak. Memilih bukan karena imbalan namun karena kwalitas calon yang dipilih.

“Keterbatasan masyarakat dalam pemahaman demokrasi menjadikan lemahnya kesadaran untuk berperan dalam mendukung jalannya Pilkada,” ungkapnya, Rabu (15/12/2015).

Aktivis itu menuding penyebab lain karena kurang maksimal kinerja penyelenggara Pemilukada dan pemerintah. Masyarakat tidak maksimal mendapat sosialisasi dan pendidikan secara memadahi. “Kurang maksimalnya sosialisasi dari KPU menjadi gambaran akan kurang seriusnya pemerintah dalam meningkatkan pendidikan politik ke masyarakat,” sambungnya.

Sikap acuh masyarakat unuk memilih pemimpinya juga wujud kekecewaan. Serta masih banyaknya pemilih matrealistis, yakni memilih karena imbalan barang atau uang. Sehingga saat tidak ada pemberian dari calon, mereka tidak menggunakan hak pilihnya.

“Masyarakat sudah dibiasakan politik uang mulai dari Pilkades, Pileg hingga Pilbup. Tidak adanya praktek money politic oleh para calon inilah yang menjadikan masyarakat acuh dengan pilkada tahun ini. Disinilah saya menganggap bahwa masyarakat masih lemah memahami demokrasi,” ungkapnya.

Disisi lain, Pemilukada Tuban tanpa politik uang patut dibanggakan meski resiknya Golput banyak. “Selamat untuk yang terpilih, kalian sudah bisa membuktikan tanpa uang bisa terpilih. Untuk selanjutnya bagaimana kita harus meningkatkan pendidikan politik di Kabupaten Tuban,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author