Published On: Rab, Jul 29th, 2015

Golkar Jadi Tumbal Pilkada Tuban 2015

TUBAN

illustrasi: GOOGLE IMAGE DIOLAH

illustrasi: GOOGLE IMAGE DIOLAH

seputartuban.com-DPD Partai Golkar Kabupaten Tuban jadi tumbal pilkada akibat dualisme kepengurusan induk partai berlambang pohon beringin ini di tingkat pusat.

Akibatnya Golkar Tuban tidak bisa mengusung calonnya dalam pilkada Desember mendatang meski telah mendapat rekomendasi dari DPP Golkar pimpinan Abu Rizal Bakrie (Ical).

Sebab sesuai PKPU nomor 12 tahun 2015 tentang persyaratan dan tata cara pencalonan, bagi parpol yang memiliki dualisme kepemimpinan harus mendapatkan rekomendasi dari kedua pengurus untuk satu calon. Sedangkan DPD Golkar Tuban hanya mendapatkan rekomendasi dari DPP kubu Ical.

Sementara DPP Golkar versi Munas Ancol pimpinan Agung Laksono dikabarkan justeru memberikan dukungan kepada pasangan petahana Huda-Noor yang diusung PKB beserta koalisinya.

HAENY RELAWATI: Dengan permohonan maaf kepada semua rakyat Tuban, Golkar tidak bisa ikut menjadi peserta dalam pilkada kali ini.

HAENY RELAWATI: Dengan permohonan maaf kepada semua rakyat Tuban, Golkar tidak bisa ikut menjadi peserta dalam pilkada kali ini.

Ketua DPD Partai Golkar Tuban, Haeny Relawati Rini Widyastuti, mengatakan dengan berat hati partainya tidak bisa ikut menjadi peserta dalam even suksesi lima tahunan di Bumi Wali sekarang. Sebab rekomendasi yang diterima hanya dari satu pengurus DPP Golkar, yakni hasil Munas Bali pimpinan Ical.

“Dengan permohonan maaf kepada semua rakyat Tuban, Golkar tidak bisa ikut menjadi peserta dalam pilkada kali ini,” ungkap Haeny dalam jumpa pers yang digelar di gedung Golkar Jalan Basuki Rahmad Tuban, Selasa (28/07/2015) siang.

Meski begitu, menurut Haeny, sampai sejauh ini partainya belum bisa menentukan sikap politik dan memberikan dukungan kepada calon yang ada.

Selain itu, mantan Bupati Tuban dua periode ini, juga mengeskan bahwa kepengurusan Partai Golkar di Tuban yang syah adalah yang dipimpin dia.

“Sehingga bila ada yang mengaku-ngaku itu tidak benar. Kita sudah menjalankan apa yang menjadi amanat DPP, tetapi hasilnya belum sesuai dengan harapan,” tutur perempuan ayu ini.

Usai menyatakan sikap, pengurus DPD Golkar Tuban dipimpin sekretarisnya Rudi Hariyanto mendatangi kantor KPU untuk menyampaikan berkas rekomendasi dan juga SK kepengurusan yang syah dari DPP Golkar kubu Ical. Berkas itu diterima langsung oleh komisioner KPUD Tuban.

“Bila ada DPD Golkar Tuban yang menyatakan dukungan ke calon itu tidak benar, sebab yang resmi hanya kita,” ujar Rudi saat berada di KPU Kabupaten Tuban.

Sebelumnya Partai Golkar telah menjalin koalisi dengan PKS, PPP dan PDIP. Bahkan rekomendasi dari DPP PDIP sudah turun yang akan mengusung kader terbaik kedua parpol itu, yaitu pasangan Hany-Amir.

Namun mendadak PDIP berbalik arah mendukung petahana karena Golkar hanya memperoleh satu rekomendasi dari dualisme kepengurusannya. Tidak hanya PDIP saja, PKS akhirnya juga ikut menyatakan mendukung pasangan Huda-Noor.  MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Skakkkkk matttttt…!!!!!