Published On: Kam, Jul 30th, 2015

Giliran Senat Unirow Tuban Diadili Mahasiswa

TUBAN

ADILI SENAT: Ratusan mahasiswa menggelar demo susulan menuntut pemulihan status Unirow di lapangan wisuda kampus yang berada di Jalan Manunggal Tuban, Kamis (30/07/2015) pagi.

ADILI SENAT: Ratusan mahasiswa menggelar demo susulan menuntut pemulihan status Unirow di lapangan wisuda kampus yang berada di Jalan Manunggal Tuban, Kamis (30/07/2015) pagi.

seputartuban.com-Setelah sebelumnya rektor Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban Hadi Tugur dituntut lengser, kini giliran senat universitas di Jalan Manunggal dipaksa menggelar rapat terbuka untuk menunjuk rektor baru.

“Dalam tenggat waktu satu bulan anggota senat institut yang sekarang harus dibubarkan karena tidak refresentatif dan segera dibentuk senat yang baru,” ungkap juru bicara mahasiswa saat melakukan demo susulan menuntut pemulihan status Unirow di lapangan wisuda kampus yang berada di Jalan Manunggal Tuban, Kamis (30/07/2015) pagi.

Di depan rektorat dan anggota senat, massa mahasiswa menuntut meminta agar rektor dan dekan siap diseret ke ranah hukum bila terbukti menerbitkan ijazah palsu seperti yang selama ini jadi gunjingan.

Selain memulihkan status Unirow yang waktu sekrang dibekukan mahasiswa juga meminta diumumkan kekayaan dan aset kampus yang dulu bernama IKIP PGRI Tuban itu.

“Tidak hanya kami yang ada disini yang resah, tetapi orangtua kami juga ikut binggung dengan kondisi ini, karena mereka sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit,” ungkap Nadi, salah satu mahasiswa saat orasi.

Tak sabar, para mahasiwa meminta agar senat universitas segera melakukan rapat terbuka dan menunjuk rektor baru. Sebab selama ini, mahasiswa menganggap kepemimpinan Hadi Tugur tidak transparan.

“Hari ini juga senat institut harus menggelar rapat terbuka dan menentukan pengganti rektor,” tandas Nadi sembari menerangkan karena senat perguruan tinggi merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi pada perguruan tinggi itu sendiri.

Namun permintaan mahasiswa itu ditolak karena anggota senat tidak lengkap. Salah satu anggota senat yang juga sebagai Kaprodi PPKN, Djoko Apriono, berjanji akan menggelar rapat terbuka, Senin (03/08/2015) mendatang.

Sebelumnya, ratusan mahasiswa gabungan 15 prodi Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban menduduki kampus di Jalan Manunggal, Senin (13/07/2015) pagi.

Para mahaiswa meminta pihak yayasan segera bertindak untuk memulihkan geliat perkuliahan di kampus yang dulu bernama IKIP PGRI Tuban tersebut, pasca statusnya dibekukan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). MUHLISHIN

 

TUGAS POKOK SENAT

– Merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan perguruan tinggi
– Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian sivitas akademika
– Merumuskan norma dan tolok ukur penyelenggaraan pendidikan tinggi
– Memberikan pertimbangan dan persetujuan atas Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja perguruan tinggi yang diajukan oleh pimpinan perguruan tinggi
– Menilai pertanggungjawaban pimpinan dan perguruan tinggi, dan pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan
– Merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan pada perguruan tinggi yang bersangkutan
– Memberikan pertimbangan kepada penyelenggara perguruan tinggi berkenaan dengan calon- calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi rektor/ketua /direktur perguruan tinggi dan dosen yang dicalonkan memangku jabatan akademik di atas lektor
– Menegakkan norm-norma yang berlaku bagi sivitas akademika, dan
– Mengukuhkan pemberian gelar doktor kehormatan pada universitas/institut yang memenuhi persyaratan

Facebook Comments

About the Author