Published On: Kam, Mar 10th, 2016

Gerhana Matahari Bukan Sekedar Tontonan

TUBAN

HIKMAT : Jamaah perempuan sholat Kusuf di Masjid Agung Tuban

HIKMAT : Jamaah perempuan sholat Kusuf di Masjid Agung Tuban

seputartuban.com – Meskipun dampak gerhana matahari total tidak terlalu berpengaruh di Kabupaten Tuban. Rabu (9/3/2016) pagi,  masyarakat Tuban berbondong-bondong memenuhi Masjid Agung Tuban untuk melaksanakan shalat sunah gerhana matahari (Kusuf).

Sejak Pukul 06.15 WIB masyarakat nampak mulai memadati masjid yang terletak di Jalan Sunan Bonang, Kelurahan Kutorejo itu untuk menunaikan solat berjamaah.

 Hal itu dilaksanakan menindak lanjuti amanat dari Kementrian Agama pusat agar melaksanakan Sholat gerhana dimasing-masing wilayah.

Habib Husein Bin Hasyim Bin Thoha Baagil, Pembina Jamaah Al-Ridwan Tuban usai melaksanakan tugasnya sebagai Khotib mengungkapkan melalui momentum sholat kusuf dapat lebih mendorong pembentukan mental spiritual umat muslim.

“Semoga apa yang dilaksanakan oleh masyarakat pada hari ini mendapat balasan dan berkahan dari Allah SWT. Perbanyaklah merenungi diri atas apa yang sudah dilakukan selama hidup, memohonlah ampun atas dosa yang telah diperbuat. Karena sesungguhnya peredaran bulan dan matahari serta kejadian ini adalah bukti kebesaran Allah SWT yang patut disyukuri bagi orang-orang berfikir,” terangnya.

LANGKA : Dengan menggunakan hasil foto rontgen, jamaah melihat fenomena gerhana matahari disekitar Masjid Agung Tuban

LANGKA : Dengan menggunakan hasil foto rontgen, jamaah melihat fenomena gerhana matahari disekitar Masjid Agung Tuban

Sedangkan tausiyah yang disampaikanya kepada seluruh jamaah diantaranya adalah perintah untuk memperbanyak mengucapkan istighfar, melaksanakan ibadah dan iklas beramal serta perbanyak sedekah.

Melalui tauladan Rasulullah SAW yang telah mengajarkan tentang fenomena alam yang terjadi itu. “Hendaknya kejadian ini dijadikan momentum untuk memperbaharui  dan meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan. Yang tidak hanya sekedar dijadikan momen sebagai tontonan tanpa mengagungkan kebesaran Tuhan,” lanjutnya.

Diketahui, sebelum pelaksanaan Solat Sunnah. Masyarakat terlihat menyaksikan fenomena gerhana matahari tersebut dengan menggunakan media lembaran foto bekas gambar hasil rontgen. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author