Published On: Jum, Apr 19th, 2013

Gerakan Tolak APEC, 9 Aktivis Demo Di DPRD

Share This
Tags

TUBAN

Demo Apec

TOLAK APC : Aksi unjuk rasa dari LMND dan SRM. untuk menolak APEC,

seputartuban.com – 9 aktivis mahasiswa menggelar aksi unjukrasa di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Kamis (18/4/2013), pukul 10.00 WIB. Aksi ini sebagai bentuk penolakan konferensi Asian Pacific Economic Coorperation (APEC) yang digelar disurabaya sejak 6 April 2013 hingga 21 April 2013.

Gerakan Rakyat Tolak APEC (GERTAC) long march dari depan Mapolres Tuban menuju Jl. Wahidin Sudirohusodho. Dan berakir didepan gedung DPRD Tuban. Mereka sambil berorasi dan membagikan selebaran kepada pengguna jalan. Yang berisi pernyataan penolakan terhadap konferensi APEC.

Sesampainya di Gedung DPRD Tuban, mereka kemudian berorasi menentang adanya kerjasama tersebut. Selain itu juga mengajak kepada perwakilan anggota dewan agar menyetujui adanya penolakan kerjasama ini.

Koordinator Aksi, Saiful penjajahan saat ini adalah ketiak melakukan kerjasama dengan APEC karena dinilai merugikan negara. Karena bumi air dan udara serta kekayaan alam Indonesia sudah sangat mencukupi kebutuhan warganya.  Justru dengan mengikuti APEC akan berimbas ketidak setaraan. Dan bahkan kedaulatan rakyat akan tergusur dengan kedaulatan pasar.

Saiful juga menuding bahwa, APEC membuat globalisasi, industrialisasi, pasar bebas, investasi, dan privatisasi sumber daya Indonesia. “Sudah tahu kita memiliki alam yang melimpah ruah, kenapa masih saja mengikuti aturan liberalisme yang mencekik perekonomian bangsa. Kami menolak keras kerjasama tersebut, ” ujarnya.

Salah satu anggota DPRD Tuban yang menemui pendemo, Mar’atun Solichan mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dengan gerakan mahasiswa yang kritis. Namun yang lebih diutamakan adalah kemasalahatan bangsa dan negara.

Dirinya tidak dapat serta merta menolak adanya kerjasama itu. Alasnnya, semua kesepakatan tidak bisa diambil hanya dengan 1 orang saja. Melainkan harus sesuai dengan musyawarah. “Kita tidak bisa memutuskan. Menurut kami, APEC itu bagus dan negara indonesia mengikutinya itu sudah dipikir masak-masak, tidak sembarangan,” ungkap politisi dari Partai Demokrat itu.

Usai menyuarakan aspirasi, aktivis yang tergabung oleh Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND). Dan Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) itu langsung membukarkan diri dengan tertib. (han)

Facebook Comments

About the Author