Published On: Ming, Okt 28th, 2018

Gerakan Tabungan Akhirat Mulai Meningkat Tajam

seputartuban.com, MONTONG – Gerakan masyarakat Tabungan Akhirat yang dimulai tahun 2015 terus berkembang. Gerakan mengumpulkan infaq berbasis rumahan dengan kotak kayu, bulan ini kembali dibuka tahun ke 3. Gerakan masyarakat yang sudah dikukuhkan menjadi salah satu Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban itu juga mengumpulkan sedekah hasil wisata Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah yang sudah terintegrasi.

SEMAKIN BAIK : Suasana penghitungan hasil kotak Tabungan Akhirat

Hasil kotak yang dikumpulkan kemudian dijadikan satu tanpa dihitung hasil tiap kotaknya. Penghitungan hasil infaq dilakukan secara terbuka oleh pengurus dan anggota. Hasilya berhasil dikumpulkan dana Rp. 11.400.000. Sedangkan hasil sedekah dari wisata yang disetor ke UPZ Tabungan Akhirat sebesar Rp. 2.039.000. Total seluruhnya Rp. 13.439.000 akan disetor ke Baznas Kabupaten Tuban. Jumlah itu naik dari tahun 2017 lalu berhasil dikumpulkan dana Rp. 7 juta dan tahun 2016 sebanyak Rp. 9 juta.

Ketua UPZ Tabungan Akhirat, Darmadi menjelaskan setelah pembukaan kotak pengurus akan rapat penyusunan program yang akan diusulkan ke Baznas Tuban untuk pencairan dana. Kemudian dari program yang telah ditetapkan, pengurus akan meminta usulan dari anggota untuk penerima program yang layak mendapatkannya.

“Setelah ini kita akan rapat dengan pengurus, program apa saja yang akan kita usulkan. Diantaranya yang sudah ada adalah program pembinaan Mualaf salah satu warga desa,” katanya, Sabtu (27/10/2018).

Diharapkan program Desa Wisata Berbasis Sedekah dan Tabungan Akhirat semakin mendapat dukungan dari masyarakat luas dan para pihak terkait. “Semoga semakin banyak yang terbuka hatinya untuk mendukung. Karena semakin besar yang dikelola maka semakin banyak masyarakat yang terbantu,” katanya.

Sementara itu, menurut Penasehat UPZ Tabungan Akhirat, Cipnal Muchlip M, program UPZ yang sudah dijalankan adalah Zakat Communiy Development (ZCD) masih butuh peran para pihak terkait untuk pengembangannya. Agar lebih besar dampak positif kepada masyarakat. “Peran dinas yan terkait juga diperlukan untuk pengembangan agar gerakan positif ini cepat berdampak luas. Saat ini selain mengelola wisata dengan Pokdarwis dan Pendekar Siaga secara integrasi dengan program pendukung, juga ada pinjaman lunak tanpa bunga dan program lainnya,” katanya.

Sebagai langkah penguatan bersama Pemerintah Desa, UPZ Tabungan Akhirat saat ini tengah membangun komitmen bersama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk pengelolaan operasional wisata maupun lainnya. Serta komitmen 3 % hasil usaha BUMDes akan diserahkan ke UPZ Tabungan akhirat. “Ada penguatan sekitar kita dulu sebagai langkah nyata keseriusan dan komitmen bersama untuk masyarakat kita,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>