Published On: Sel, Des 8th, 2015

Gerakan Kodim 0811 Tuban Awali Tandur

PLUMPANG

PADI TNI : Sebelum penanaman padi bersama masyarakat dengan lintas kelembagaan

PADI TNI : Sebelum penanaman padi bersama masyarakat dengan lintas kelembagaan

seputartuban.com – Kodim 0811 Tuban bersama petani Kecamatan Plumpang, Senin (7/11/2015) melaksanakan tanam padi (tandur) serentak lebih awal dari biasanya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan hasil panen padi atau upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Musim tanam 2016, di kawasan itu termasuk awal melakukan penanaman. Petani di  3 dusun, Desa Magersari, Kecamatan Plumpang seluas 1,5 hektar. “Kami mulai ditiga dusun,” ungkap Kepala Staf Kodim 0811 Tuban Mayor Inf Suko Edy Winarto, usai memimpin penanaman.

Meski prediksi awal musim hujan mulai Januari 2016, namun untuk mempercepat masa panen, maka dilakukan tanam lebih awal. Hal ini dilakukan agar kebutuhan beras dapat tercukupi secara lokal maupun regional dan dapat berdampak secara nasional.

Tanam awal bersama Kelompok Tani (Poktan) Tirto Cantoko dilakukan di kawasan Dusun Geger dengan luas tanam 0,6 hetar. Dusun Juwet 05 hektar dan Dusun Mekar seluas 0,4 hektar.

“Kalau jadwal penanaman diundur sesuai dengan jawal musim penghujan maka waktu untuk pemanenan juga akan mundur. Sehinga kami bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tuban mengambil kebijakan untuk melakukan percepatan masa tanam secara serentak,” lanjut Kasdim.

Kegiatan ini sudah melalui kajian sebelumya. Keberhasilan tanam awal ini selain berdampak stok beras, juga harga beras dapat lebih stabil. Karena ketersediaan beras selalu ada sepanjang tahun, tanpa harus menunggu musim panen seperti biasanya. Keuntungan lain yang didapat petani adalah pengendalian hama.

Jika tanam awal dilakukan serentak, maka hama tidak menyerang 1 kawasan saja. Sehingga akan lebih mudah diatasi. “Target dari penanaman serentak ini kedepan diharapkan mampu lebih meningkatkan hasil tanam,” pungkasnya.

Tanam awal itu melibatkan Dinas pertanian Kabupaten Tuban, Koramil Plumpang, Polsek Plumpang dan Pemerintah Kecamatan Plumpang, sebagai unsur 3 pilar.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author