Published On: Sen, Mei 5th, 2014

Geger UN Hari Pertama, Soal Nomor 13 Raib

TUBAN

HENY INDRIANA: Memang UN tahun ini selalu ada kejutan. Sebelumnya pada  soal nomor 13 pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat SMA ada soal kutipan tentang Jokowi. Untuk kali ini pada soal nomor 13 tambah tidak ada.

HENY INDRIANA: Memang UN tahun ini selalu ada kejutan. Sebelumnya pada soal nomor 13 pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat SMA ada soal kutipan tentang Jokowi. Untuk kali ini pada soal nomor 13 tambah tidak ada.

seputartuban.com–Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini banyak diwarnai kejutan. Salah satunya, dalam pelaksanaan UN SMP hari pertama yang berlangsung Senin (05/05/2014) para peserta dikejutkan dengan raibnya soal nomor 13 pada naskah ujian Bahasa Indonesia.

Pada naskah UN mata pelajaran tersebut, soal nomor urut 12 langsung melompat ke nomor urut 14. Situasi ini sempat membuat peserta UN di Kabupaten Tuban panik. Kendati begitu, insiden kecil ini hanya berlangsung sesaat dan UN hari pertama berlangsung lancar.

Kasi Kurikulum Disdikpora Tuban Heny Indriana, menjelaskan  dari 20 paket soal yang dikerjakan siswa memang tidak ditemukan soal nomor 13.  Meski begitu, dari 20 soal tersebut tidak semuanya nomor 13 kosong.

Menurutnya, kesalahan ini tidak cuma terjadi di lintas Kabupaten Tuban saja melainkan secara nasional. Karena sejak pagi dirinya mendapatkan kabar dari berbagai teman yang ada di luar Tuban dengan kejadian sama.

“Kesalahan ini bukan dari pihak Disdikpora Tuban. Karena hampir di seluruh wilayah yang melaksanakan UN hari ini ditemukan keganjilan dalam soal tersebut.”  ucap Heny.

Menindaklanjuti masalah ini, dia mengintruksikan ke setiap rayon untuk mengosongi lembar jawaban jika ditemui soal yang kosong, serta membuat berita acara terkait masalah itu. Kata Heny, melihat kejadian ini diharapkan para peserta UN tetap fokus dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Jangan sampai terlalu panik hanya karena permasalahan satu soal saja.

“Memang UN tahun ini selalu ada kejutan. Sebelumnya pada  soal nomor 13 pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat SMA ada soal kutipan tentang Jokowi. Untuk kali ini pada soal nomor 13 tambah tidak ada,” papar Heny. AMIN

Facebook Comments

About the Author