Published On: Sen, Okt 27th, 2014

Gardu PLN Depan KUD Soko Terbakar

SOKO

BAHAYA: Inilah percikan api yang keluar dari gardu listrik milik PLN depan KUD Soko karena konslet, Senin (27/10/2014) malam.

BAHAYA: Inilah percikan api yang keluar dari gardu listrik milik PLN depan KUD Soko karena konslet, Senin (27/10/2014) malam.

seputartuban.com-Ribuan rumah warga di Kecamatan Soko dan Rengel, Grabagan dan Kecamatan Semanding, mendadak gelap gulita karena aliran listrik dari PLN mendadak padam tanpa pemeritahuan lebih dulu, Senin (27/10/2014), sekira jam 18.45 WIB.

Belum sempat mencari lilin dan lampu penyimpan daya lainnya, warga di Dusun Rambit Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, dikagetkan suara letupan menyerupai ledakan. Setelah ditelisik ternyata suara itu berasal dari gardu listrik yang berada di persis di depan KUD Kecamatan Soko.

Warga kian panik setelah asap disertai percikan api keluar dari gardu listrik milik PLN yang terbakar. Takut rumahnya kena sulutan api akibat konsleting tersebut, sejumlah warga yang berada tak jauh dari insiden ini berusaha mengeluarkan sejumlah barang berharga dari dalam rumah.

Mengantisipasi keadaan mengkhawatirkan, sejumlah warga yang lain berinisiatif melakukan pencegahan dini dengan cara menurunkan saklar di tubuh meteran pada posisi off. Tak hanya itu, sebagian warga lainnya malah ada yang menyiapkan ember dan timba untuk berjaga-jaga.

Akibat kejadian ini jalur lalu lintas yang menghubungkan Tuban-Bojonegoro ini sempat macet. Sejumlah pemakai jalan yang kebetulan melintas memilih berhenti, karena percikan api yang keluar dari gardu listrik konslet tersebut sempat mengeluarkan percikan api cukup besar. Menyerupai bunga api yang timbul dari sebuah pekerjaan las besar.

Menurut warga, tanda-tanda akan terbakarnya gardu listrik milik PLN di depan KUD Soko sudah terlihat sejak Minggu (26/10/2014) sore.

“Sudah mulai Minggu sore nyala lampu tidak normal karena voltasenya menurun. Ada percian api dan asap halus keluar dari gardu travo,” kata sejumlah warga, Senin (27/10/2014) malam.

Sementara sejumlah petugas dari PLN UPJ Bojnegoro yang tiba di lokasi kejadian, ketika ditanya komponen apa saja yang terbakar enggan memberikan keterangan, dengan alasan bukan kewenangannya.

“Yang pasti ada komponen terbakar karena konslet,” singkat penggawa PLN dari seberang kabupaten tersebut.

Namun demikian, insiden mati lampu tersebut segera dapat diatasi. Sekitar pukul 20.10 WIB jaringan listrik kembali normal. Dan rumah-rumah penduduk di sepanjang Kecamatan Soko dan Rengel kembali terang benderang. Tidak ada korban jiwa maupun harta benda dalam insiden tersebut.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos