Published On: Rab, Des 5th, 2018

Gara-gara Rekrut Naker Baru, Warga Ring 1 Luruk IKSG

seputartuban.com, TUBAN –Ratusan Massa dari Warga Ring Satu, Yang Meliputi Desa Karang Asem, Temaji, dan Socorejo, menggelar aksi demo di Depan Kantor PT Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG),  anak usaha PT Semen Indonesia (SI) Persero, di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Aksi itu dipicu lantaran manajemen IKSG diduga telah merekrut tenaga pekerja (Naker) tidak secara terbuka dengan masyarakat sekitar. Atau menuru warga, tidak mengutamakan warga di sekitar pabrik.

MEMANAS : Suasana massa saat menggelar aksi demo protes perekrutan Naker baru IKSG

Dalam orasinya, massa mengecam perekrutan yang dilakukan oleh PT IKSG. Menurut warga, 10 karyawan yang baru direkrut itu agar diberhentikan, karena mereka berasal jah dari dampak yang ditimbulkan oleh perusahaan.

Menurut Kordinator Aksi, Ahmad Arif (31), menegaskan dari 10 tenaga kerja yang direkrut oleh PT IKSG tersebut tidak melalui prosedur yang transparan. Karena dikabarkan sebelumnya bahwa perekrutan akan dilakukan pada bulan Januari 2019 mendatang.  Namun ternyata sudah ada Naker baru yang sudah dipekerjakan oleh pihak IKSG dan berasal dari luar Ring 1.

“Menejemen IKSG sudah ingkar janji, bahkan dari negosiasi pun tidak membuahkan hasil, kami meminta 10 tenaga kerja baru itu dikeluarkan”, tegasnya.

Selain Itu, Arif menambahkan, dari data karyawan yang baru direkrut ada yang masih berijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP). Itupun yang direkrut warga luar sekitar perusahaan. Padahal sekitar perusahaan banyak pemuda yang berijazah SMA dan SMK. Kondisi ini membuat warga semakin geram.

 “Pemuda sekitar Ring 1 masih banyak yang berijazah SMA Dan SMK. Tapi mengapa pihak menejemen PT IKSG malah merekrut pekerja dengan ijazah SMP. Bahkan yang dipekerjakan dari Kabupaten Blora. Jika IKSG tetap bersikukuh, kami akan melakukan aksi demo dengan masa yang lebih besar lagi,” imbuhnya.

Kepala Desa Sumberarum, Sodikin kepada wartawan mengatakan pihaknya akan terus memperjuangkan dan mengawal masyarakat terkait transparansi Rekrutmen Tenaga Kerja yang dilakukan IKSG.

Ia juga menjelaskan pada 26 November 2018 lalu juga ada rapat dengan pihak PT Semen Indonesia. Hasil rapat tersebut telah disepakati bahwa untuk perekrutan Tenaga kerja, PT SG akan memprioritaskan warga Ring 1 terlebih dahulu. “Memang IKSG memberi tahu kami melalui WhatsApp, seharusnya-kan membuat surat tertulis bahwa ada perekrutan. Jangan langsung memasukan orang diluar ring,” kecamnya.

Terpisah, Kabiro Hubunga Media PT Semen Indonesia, Sigit Wahono mengatakan karyawan yang dibutuhkan menurutnya adalah tenaga ahli. Serta perekrutan karyawan baru tersebut sudah koodinasi dengan perangkat desa. “Proses perekrutan tenaga kerja di IKSG telah dikoordinasikan dengan perangkat desa terkait, dimana kebutuhan tenaga kerja tersebut memerlukan keahlian dan pengalaman khusus,” tegasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>