Published On: Jum, Feb 8th, 2019

Gara-gara Accu Tiga Kapal Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

seputartuban.com, TUBAN – Kamis (7/2/2019), pukul 01.30 WIB dini hari, terjadi kebakaran di pelabuhan Desa Bulu Meduro, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Kejadian tersebut mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah, karena 3 kapal nelayan terbakar.

Perahu-perahu atau kapal jenis kursin tersebut dalam kondisi sedang bersandar usai digunakan. Masing-masing milik Sumini(60), Syamsuri (40) dan Ach dhori(47) warga setempat.

Kapolsek Bancar, AKP Chakim Amrullah, saat dikonfirmasi seputartuban.com dia membenarkan kejadian tersebut. Kebakaran kapal terjadi di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bulu. “Iya mas memang ada kebakararan yang membakar kapal. Saat saya mendapatkan laporan, saya langsung meluncur ke TKP, lalu menghubungi team Damkar Jatirogo,” jelasnya.

Warga peduli membantu melakukan pemadaman dena menggunakan peralatan seadanya. Usaha lainnya yang dilakukan adalah menyingkirkan kapal lain yang bersandar, agar api tidak menjalar dan kebakaran makin meluas. Akhirnya jam 4.00 WIB dini hari api berhasil di padamkan.

Situasi pemadaman api dilakukan tim pemadam kebakaran dan dibantu warga

Dari hasil  tim identifikasi Polres Tuban diperoleh kesimpulan kebakaran  tersebut  disebabkan oleh percikan api yang diduga karena hubungan pendek arus listrik accu pada kapal milik saudara Syamsuri. Kemudian api merambat ke kapal yang sebelah kanan milik Ach Dorin dan merambat juga kesebelah kiri milik Sumini.

“Dari Kebiasaan nelayan kita, kalau bersandar accu dilepas. Ini  ternyata tidak, sehingga baunya juga masih menyengat. Dari kejadian ini pemilik perahu mengalami kerugian material hingga ratusan juta,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>




Videos