Published On: Jum, Nov 11th, 2016

Gantung Diri Gara-gara Patah Hati Makin Ngetren

TUBAN

seputartuban.com – Bunuh diri gara-gara patah hati nampaknya selama 3 tahun terakhir makin ngetren dilakukan warga Kabupaten Tuban. Hal itu terbukti dari data yang dimiliki Polres Tuban, mereka mayoritas mengakhiri hidup dengan cara gantung diri.

illustrasi: GOOGLE IMAGE DIOLAH

illustrasi: GOOGLE IMAGE DIOLAH

Data non pidana yang dimiliki Sat Reskrim Polres Tuban, bunuh diri yang dilakukan warga Tuban mayoritas usia produktif yang gagal menaklukkan hati pujaan hatinya. Cinta mereka bertepuk sebelah tangan, karena tambatan hatinya berpaling ke orang lain.

Sepanjang tahun 2014, sebanyak 14 korban bunuh diri dengan cara gantung diri. Kemudian pada 2015 sebanyak 15 korban, dan tahun 2016 terhitung sejak Jumat (1/1/2016) hingga Senin (31/10/2016)sebanyak mencatat 7 korban yang meninggal. Total selama hampir 3 tahun terakhir sudah terdapat 36 warga Tuban yang bunuh diri dengan cara gantung diri.

“Sebagian besar didominasi mereka yang gagal dalam urusan asmara. Kemudian mereka yang terkendala masalah perekonomian, serta mereka bosan dengan penyakit menahun yang dideritanya,” terang Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Muhamad Wahyudin Latief melalu petugas Min Reskrim, Kamis (10/11/2016) siang.

Selain usia produktif atau pemuda yang menempati rangking pertama sebagai pelaku bunuh diri, beberapa diantaranya didominasi para orang  tua yang sakit-sakitan. Selain bosan karena sudah menghabiaskan biaya banyak namum belum juga sembuh, beberapa diantaranya motif bunuh diri karena tidak mau menyibukkan saudara-saudaranya atas sakit menahun yang dideritanya.

Kurangnya kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi permasalahan hidup, menjadikan penyebab banyaknya kejadian bunuh diri.  Dari jumlah itu belum termasuk jenis bunuh diri lain seperti menggorok leher sendiri, nekat meminum obat pembasmi serangga , dan terjun dari jembatan yang juga ditemukan diwilayah Tuban.

 “Para pelaku bunuh diri cenderung lebih memilih mengakhiri hidup dengan cara  gantung diri ini karena tidak ingin melewati rasa sakit yang dialami,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author