Published On: Jum, Des 30th, 2016

Gagal Kabur di Sawah, Pelaku Lama Pencurian Asal Kerek Ditangkap

seputartuban.com, MONTONG – Usaha pencurian Didik Winarko (32), warga Dusun BawiKulon, Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek, Kamis (29/12/2016) siang digagalkan warga dan Polisi. Dia ketahuan saat akan mencuri dan diteriaki maling hingga akhirnya berhasil ditangkap.

KOMPAK TANGKAP PENCURI : Personil Polsek Montong saat mengamankan pelaku dari lokasi penangkapan, Kamis (29/12/2016)

Kejadian bermula saat Jamin (46), warga Desa Montongsekar, Kecamatan Montong memarkir sepeda motornya Honda Grand Nopol S 4168 HD di pematang sawah. Didik kemudian beraksi dengan membuka jok sepeda motor korban dan mengambil uang didalamnya Rp. 435,000. Aksi itu diketahui warga lainya di sekitar lokasi kejadian yang kemudian meneriakinya maling.

Pelaku lama pencurian itu kemudian berusaha melarikan diri menuru area persawahan setempat. Warga kemudian melakukan pengejaran. Pria itu nyaris menjadi bulan bulanan warga yang kesal dengan perbuatannya tersebut. Warga marah, karena beberapa minggu ini kejadian tersebut sering terjadi. Beruntung berhasil diredam petugas Polsek Montong yang ada di lokasi kejadian.

Pelaku berhasil diamankan tidak jauh dari lokasi kejadian. “Saat dikejar, pelaku lari kearah selatan. Saat ini masih menjalani penyidikan untuk dilakukan pengembangan, ” kata Kapolsek Montong, IPTU Rukimin.

Hasil penyelidikan sementara, tersangka sudah melakukan tindak kejahatan pencurian di 18 lokasi berbeda di wilayah hukum Polsek Montong, Polsek Kerek dan Polsek Singgahan. Beberapa hari sebelumnya, pelaku telah mencuri di rumah yang ditinggal pergi pemiliknya. Serta berhasil membobol sebuah tempat pendidikan dengan taksiran  kerugian seluruhnya mencapai Rp 40 Juta.

Kini, untuk mempertanggung jawabkan perbuatan itu, ia dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara selama 7 tahun. Sedangkan barang bukti yang berhasil disita petugas adalah sebuah Ponsel merk Nokia dan obeng milik pelaku. Serta uang tunai sebesar Rp 435.000. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author