Published On: Sen, Mei 26th, 2014

Gadai Emas di Pegadaian Melemah

LENGANG: Salah satu loket layanan di Kantor Pegadaian Cabang Tuban, Senin (26/05/2014).

LENGANG: Salah satu loket layanan di Kantor Pegadaian Cabang Tuban, Senin (26/05/2014).

seputartuban.com–Aktifitas gadai emas pada sejumlah Kantor Pegadaian yang tersebar di Kabupaten Tuban sepanjang beberapa pekan belakangan mengalami penurunan. Kondisi ini dipicu turunnya harga emas di pasar global hingga 20 persen.

Pedagang dan petani yang selama ini menjadi basis utama meramaikan pasar gadai emas sedikit menahan diri. Kalaupun harus bertraksaksi mereka memilih menjaminkan barang selain emas.

Namun Pimpinan Cabang Kantor Pegadaian Tuban, Alfin Noor, mengkalim turunnya harga emas aneka tambang (antam) sebenarnya tidak banyak berpengaruh terhadap nasabah yang berinvestasi.

Menurut dia, setiap kali harga emas mengalami pergesaran pihaknya selalu menyampaikan sedini mungkin kepada anggota yang terdaftar di pegadaian. Sehingga hal ini dianggap sudah terbiasa dan tidak banyak mempengaruhi berkurangnya nasabah.

“Memang beberapa minggu terakhir ini harga emas turun, akan tetapi para nasabah sudah memahami,” kata Alfin kepada seputartuban.com, Senin (26/05/2014).

Namun demikian, dia mengakui, untuk kucuran pinjaman memang sedikit berpengaruh ketika harga emas turun. Maka otomatis target kucuran pinjaman pun berkurang. Akibatnya, ketika melihat keadaan ini nasabah enggan menggadaikan emas dan lebih memilih menggadaikan barang lainnya.

“Yang investasi emas tetap stabil, akan tetapi yang menggadaikan perhiasan emas memang agak berkurang,” jelasnya.

Alfin menjelaskan, 80 persen dari agunan pinjaman di pegadaian masih berupa emas. Sedangkan 20 persen sisanya berupa barang elektronik dan lainnya. Diketahui untuk harga emas antam saat ini masih di level Rp 529.000 per gram. AMIN

Facebook Comments

About the Author