Published On: Rab, Mar 26th, 2014

Fraksi Demokrat Tolak Penetapan Raperda Ijin Pemanfaatan Ruang

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Fraksi Demokrat menolak Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Ijin Pemanfaatan Ruang di Kabupaten Tuban disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tuban. Penolakan itu disampaikan oleh Juru Bicara Fraksi Demokrat dalam rapat paripurna pandangan akhir fraksi yang dilaksanakan diruang rapat paripurna DPRD Tuban, Senin (24/3/2014).

SETUJU : Eksekutif dan legislatif menyetujui pengesahan Perda

SETUJU : Eksekutif dan legislatif menyetujui pengesahan Perda

Fraksi Partai Demokrat menyetujui 5 Raperda dari 6 Raperda usulan Pemerintah Daerah untuk ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tuban. 1 Raperda ditolak atau tidak disetujui oleh Fraksi Partai Demokrat yaitu Raperda Ijin Pemanfaatan Ruang di Kabupaten Tuban.

Anggota Fraksi Demokrat, Cancoko selaku Juru Bicara saat diwawancarai mengatakan, Fraksinya menolak Raperda tentang Ijin Pemanfaatan Ruang di Kabupaten Tuban karena menganggap masih ada beberapa pasal yang belum dimasukkan dalam Raperda tersebut. Hal ini berpotensi akan merugikan masyarakat.

“Fraksi kami kurang sepakat, karena ada beberapa pasal yang belum terakomodir. Contohnya saja satu pasal tentang pemanfaatan ruang dalam skala besar. Perusahaan besar dalam perijinannya yang ratusan hektar itu DPRD Kabupaten Tuban tidak tahu,” ungkap Cancoko.

Bila Raperda ini tetap disahkan sebagai Peraturan Daerah (Perda) maka DPRD sebagai fungsi kontrol pemerintah tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Kabupaten Tuban menjadi daerah industri dan menjadi lirikan para investor asing untuk berinvestasi di Kabupaten Tuban, sangat berpotensi para pengusaha akan memanfaatkan lahan berskala besar.

“Bila Raperda itu tidak diubah maka kita tidak bisa melakukan fungsi kita, serta tidak bisa berjalan mana kala dalam proses perijinan skala besar. Itu yang menjadi alasan utama kita tidak menyetujui Raperda tersebut,” tegasnya.

Diketahui, keenam raperda tersebut adalah Raperda Kerjasama Desa, Raperda Ijin Pemanfaatan Ruang di Kabupaten Tuban, Raperda Penanaman Modal, Raperda Ijin Usaha Penggilingan Padi, Huller dan Penyosohan Beras, Raperda Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Tuban Tahun 2005-2025, Raperda Pembentukan Perusahaan Daerah Minyak dan Gas Bumi. (lis)

Facebook Comments

About the Author

Videos