Published On: Kam, Jan 19th, 2017

Fitra Tegaskan Potensi Wisata Tuban Potensial Ditingkatkan

seputartuban.com, TUBAN – Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Jatim menyampaikan bahwa potensi pendapatan asli daerah (PAD) yang berasal dari wisata Tuban masih memungkinkan untuk ditingkatkan. Karena melihat kenaikan pendapatan tiap tahunya.

Miftahul Huda

Divisi Advokasi Fitra Jatim, M.Miftahul Huda, menyampaikan dilihat dari meningkatnya pengunjung dibeberapa destinasi wisata di Tuban. Khususnya saat liburan panjang, memungkinkan potensi PAD dari wisata masih bisa ditingkatkan.

“Jumlah PAD dari sektor wisata mengalami peningkatan tiap tahunnya. Padahal dari pengelolaannya terlihat kurang maksimal. Berarti Tuban punya potensi yang besar dengan kepariwisataannya,” katanya, Rabu (18/1/2017).

Menurutnya potensi peningkatan pengunjung wisata di Tuban masih perlu dan bisa ditingkatkan melalui penanganan yang serius dari Pemkab Tuban. Diantaranya perlu melakukan pembenahan terkait dengan sarana prasarana fasilitas pendukung tiap obyek wisata.

Hingga pengelolaan keuangan seperti pengelolaan retribusinya. Dengan telah tertangkapnya petugas yang telah memanipulasi tiket masuk Pemandian Bektiharjo bisa menjadi pembelajaran untuk Pemkab Tuban. Agar melakukan pembenahan serius pengelolaan retribusi daerah.

Untuk meningkatkan fasilitas pendukung pada tempat wisata dari pihak pemkab perlu melakukan pendanaan lebih. Jika perlu bisa mendatangkan investor, dalam membantu pembiayaan untuk peningkatan fasilitas tempat wisata Tuban.

Dia menambahkan, potensi pengunjung wisata di Tuban yang cukup tinggi juga karena dipengaruhi lingkungan dengan banyaknya destinasi wisata di Tuban. “Kita punya wisata religi, wisata alam, kedepannya wisata industri. Ketika Pemkab bisa mengintegrasikan dengan konsep yang jelas maka tidak sulit bisa meningkatkan PAD dari Pariwisata,” pungkas Miftah optimis. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author