Published On: Sen, Jun 15th, 2015

Fathul Huda: Koperasi Roh Kehidupan Masyarakat

TUBAN

FATHUL HUDA: Karena koperasi telah menjadi roh kehiduoan ekonomi masyarakat, maka harus didukung adanya UMKM yang baik.

FATHUL HUDA: Karena koperasi telah menjadi roh kehiduoan ekonomi masyarakat, maka harus didukung adanya UMKM yang baik.

seputartuban.com-Bupati Tuban Fathul Huda menegaskan dari dulu keberadaan koperasi menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

“Karena koperasi telah menjadi roh kehiduoan ekonomi masyarakat, maka harus didukung adanya UMKM yang baik. Hal ini telah terbukti menguatkan perekonomian Indonesia dari serangan krisis ekonomi yang pernah melanda dunia,” ungkap Huda saat memberikan sambutan dalam acara sarasehan koperasi di Graha Cempaka KSPKP Tuban, Senin (15/06/2015).

Dalam acara rangkaian peringatan Hari Koperasi yang puncaknya akan digelar di Pendopo Kridho Manunggal, Selasa (16/06/2015), Bupati Tuban selaku tuan rumah mengingatkan akan pentingnya memiliki jiwa koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

“Untuk itu harus ditanamkan seluas dan sedini mungkin. Dengan begitu ke depan perekonomian di Indonesia akan semakin baik,” tegas Huda.

Disebutkam, saat ini di Kabupaten Tuban terdapat 1.068 lembaga koperasi yang tersebar sampai tingkat desa dan kelurahan. Namun demikian peran yang dimiliki oleh sebagian besar koperasi adalah bergerak pada bidang usaha simpan pinjam.

“Dimana usaha ini pesaing utamanya adalah perbankan yang telah terkelola dengan sistem menejemen yang profesional serta didukung dengan permodalan besar,” kata dia.

Sedangkan dalam pengelolaannya, koperasi yang ada saat ini masih konvensional. Berkaitan itu Bupati Fathul Huda berharap ke depan hendaknya pendirian koperasi diarahkan pada sektor riil yang saat ini pesaingnya masih relatif rendah. Sehingga perkembangannya bisa lebih cepat dipacu.

“Dengan koperasi yang dikelola secara terstruktur dan berkelanjutan akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mempercepat pertumbuhan ekonomi,” tutur Huda.

Pada sisi lain, imbuh dia, akan mampu mengurangi tingkat pengangguran terbuka serta menurunkan tingkat kemiskinan. Juga membuat sektor riil makin dinamis dan dapat memperbaiki pemerataan pendapatan masyarakat.

“Pemberdayaan koperasi juga akan meningkatkan pencapaian sasaran pada bidang pendidikan, kesehatan berikut indikator kesejahteraan masyarakat lainnya,” kata Huda. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Kemplo berkata:

    Omong opo pak….kowe dhewe gak berperilaku seperti layaknya kopersi.