Published On: Kam, Feb 21st, 2013

Eskavator Jatuh 10 Meter, Operator Tewas Tertimpa

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

GRABAGAN

Eskavator yang dikemudikan korban dilokasi kejadian

Eskavator yang dikemudikan korban dilokasi kejadian

seputartuban.com – Seorang operator eskavator tewas tertimpa alat berat yang dioperasikanya, dikawasan tambang batu kapur, Desa Menyunyur, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Rabu (20/2/2013).

Kejadian bermula saat operator eskavator, Agus Dian Saputro (20), warga Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, menjalankan pekerjaanya menghancurkan dinding tambang. Dan saat aktivitas, diduga posisi eskavator terlalu menepi jurang. serta kondisi tanah labil, mengakibatkan alat berat tersebut terjatuh dari ketinggian sekitar 10 meter.

Dengan kondisi terguling hingga mengenai korban serta tertimpa reruntuhan tebing tambang. Sehingga membuat korban tergencet dan tewas dilokasi kejadian.

Kaur Bin Ops (KBO) Sat Reskrim Polres Tuban, Iptu Simon Triyono, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kejadian ini diduga akibat tanah yang labil. Sehingga saat korban beraktifitas alat beratnya tergelincir. “tanahnya lembek, dan posisinya terlalu kepinggir. Sehingga membuat alat beratnya jatuh dan korban meninggal dunia,” jelasnya.

Keluarga korban menangis histeris di kamar mayat RSUD Dr. R Koesma Tuban

Keluarga korban menangis histeris di kamar mayat RSUD Dr. R Koesma Tuban

Polisi yang datang ke lokasi kejadian langsung menutup lokasi tambang batu kapur ini dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Kemudian dipasangi garis polisi karena masih dalam proses penyidikan pihak Polres Tuban. Dan setelah berhasil mengevakuasi jasad korban, kemudian dibawa RSUD Dr R Koesma Tuban untuk divisum.

Untuk sementara waktu lokasi tambang batu kapur ini ditutup sampai waktu yang belum ditentukan. Kecelakaan kerja dilokasi tambang batu kapur ini kerap memakan korban jiwa. Selama tahun 2012 lalu sedikitnya 2 warga juga menjadi korban tewas akibat tertimpa reruntuhan tambang batu kapur. Karena para pekerja dilokasi tambang tidak mengindahkan standar keselamatan kerja.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author