Published On: Sen, Agu 18th, 2014

Energi Biomassa, Bukti Pro Rakyat Dari PT SI

TUBAN

BUKTI KINERJA: Penghargaan diberikan oleh Menteri ESDM Jero Wacik dan diterima oleh Direktur Keuangan (Plt Direktur Utama) Semen Gresik Sunardi Priyonomurti di Jakarta (18/08/2014).

BUKTI KINERJA: Penghargaan diberikan oleh Menteri ESDM Jero Wacik dan diterima oleh Direktur Keuangan (Plt Direktur Utama) Semen Gresik Sunardi Priyonomurti di Jakarta (18/08/2014).

seputartuban.com-PT Semen Indonesia (PT SI) dianugerahi penghargaan Energi Pratama dari Kementerian ESDM sebagai apresiasi dalam melakukan diversifikasi energi dengan memanfaatkan energi terbarukan biomassa sebagai bahan bakar alternatif.

Selain itu, dalam acara yang digelar di Balai Kartini Jakarta hari ini,  PT SI dinilai telah membeikan sokongan besar dalam pengembangan teknologi baru serta inovasi di bidang energi.

”Penghargaan ini sekali lagi membuktikan komitmen dan kerja nyata Semen Indonesia dalam melaksanakan konsep bisnis yang berkelanjutan,” kata Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto, dalam rilis yang dikirim melalui surat elektronik kepada seputartuban.com, Senin (18/08/2014) sore.

Dwi menyebutkan, industri semen adalah industri padat energi, termasuk konsumsi batubara yang merupakan sumber energi tidak terbarukan. Sementara pemanfaatan biomasa memuat visi ganda sebagai aplikasi menjaga keberlanjutan lingkungan dan sekaligus meningkatkan efisiensi biaya operasional. Teknologi ini pada akhirnya dapat meningkatkan profitabilitas perseroan.

Pada sisi lain, menurut dia, pemanfaatan biomassa mampu memberi stimulus bagi perekonomian masyarakat lokal karena didatangkan dari wilayah sekitar pabrik. Antara lain dari Kabupaten Tuban, Lamongan, Bojonegoro serta Rembang Jawa Tengah.

“Pemanfaatan biomassa juga berfungsi mengurangi emisi gas rumah kaca untuk meminimalisasi dampak pemanasan global,” tandas Dwi.

Selain biomasa, saat iniPT SI tengah mengembangkan teknologi di bidang energi terbarukan seperti proyek Waste to zero, pemanfaatan sampah kota sebagai bahan bakar alternatif (Refused Derivatif Fuel), proyek WHRPG (Waste Heat Recovery Power Generator) Pabrik Tuban, dan pemanfaatan gas panas buang dari proses pembakaran sebagai pembangkit tenaga listrik.

“Era bisnis saat ini adalah era yang peduli dan punya rasa memiliki (sense of belonging) terhadap lingkungan. Bagi kami di Semen Indonesia prinsipnya adalah better environment for many, better achievement for company. Terbukti bahwa pengelolaan energi yang baik mampu menjaga alam kita sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan,” papar Dwi.

Sekadar tahu, penghargaan Energi Pratama diberikan kepada perusahaan nasional dan daerah atau asing yang berjasa luar biasa dan memiliki komitmen tinggi untuk berpartisipasi aktif memberikan sumbangan nyata dalam hal pengembangan teknologi baru. Juga inovasi, penyediaan serta pemanfaatan energi dengan prinsip konservasi dan diversifikasi. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author