Published On: Rab, Jul 24th, 2019

Empat Desa Masih Berpolemik, Menunggu Keputusan Bupati

seputartuban.com, TUBAN – Dari hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang dilakukan secara serentak (10/7/2019) lalu masih menyisakan masalah. Hal itu disebabkan sejumlah faktor diantaranya dugaan adanya kecurangan yang dilakukan oleh Calon Kades.

Adapun desa yang masih berpolemik adalah Desa Mlangi, Kecamatan Widang. Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan. Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak dan Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang.

Asisten Pemerintahan Kabupaten Tuban, Joko Sarwono, saat di konfirmasi seputartuban.com, menjelaskan keberatan yang disampaikan oleh Calon Kades akan dijawab secara detail tiap keberatan yang disampaikan. Sehingga diharapkan pemohon mendapatkan jawaban sesuai yang diinginkan. “Terkait dengan substansi persoalan ini masih kita susun, kita buat nota dinas kepada bupati,”katanya.

Untuk menjawab keberatan hasil Pilkades, Joko sudah melakukan pemanggilan kepasa panitia Pilkades di Ruang rapat Dispemas dan KB, Selasa (23/7/2019). Untuk dilakukan klarifikasi apa yang menjadi tuntutan dari pihak yang tidak terima. Hasilnya akan digunakan sebagai bahan memberikan jawaban kepada pemohon.

“Pada Prinsipnya semua kita kembalikan ke aturan, yang terkait dengan hasil Pilkades itu sudah tertuang dalam PP tentang Pilkades itu terkait dengan permohonan terhadap hasil Pilkades,” jelasnya.

Sementara itu, pengaduan hasil Pilkades akan dilimpahkan langsung kepada bupati selama 30 hari. Karena dalam keputusan desa, apapun bentuknya, apabila diranah tata usaha negara, tentunya pemerintah daerah wajib menyelesaikannya terlebih dahulu.

“Nanti ada waktunya 10 hari setelah surat itu diterima, kalau bisa menerima dengan legowo alhamdulillah. Tapi jika tidak, tentunya kasus itu akan berlanjut dengan banding, banding kepada bupati lagi,” pungkasnya.

Diketahui, desa yang mengajukan keberatan hasil Pilkades tersebut adalah pada Desa Kesamben terdapat tiga calon yakni M.Safi’I ,M Taqim dan Widianto. Dengan suara terbanyak dimenangkan M.Taqim dengan 1.757 suara, Safi’i memperoleh 1.202 suara dan Widianto 173 suara. Sedangkan Desa Tahulu ada dua calon yang bertarung, Waris Eko Priyanto memperoleh 1.489 suara dan Sumariyono memperoleh 1.522 suara.

Sedangkan Di Desa Mlangi berakhir sama. Dua calon yang maju mengantongi suara sama. Calon nomor urut 1 Moh. Kusnan dan nomor urut 2 Siswarin sama-sama meraih 1.242 suara. Sedangkan di Desa Mulyoagung di ikuti tiga calon. Dari hasil perhitungan suara, dimenangkan oleh petahana yakni Moh. Muhail dengan perolehan 2.087 suara. Kemudian Ena Sriyatin 1.625 suara dan Mashuri mendapatkan 704 suara. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos