Published On: Kam, Sep 3rd, 2015

Embung, Solusi Entas Nestapa Petani

RENGEL

grafis: seputartuban.com

   grafis: seputartuban.com

seputartuban.com-Bupati Tuban Fathul Huda menegaskan untuk mengatasi kekurangan air pada sebagian areal pertanian kategori tadah hujan seluas 125 hektar di Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, akan segera dituntaskan dengan membangun embung.

“Kita berharap embung ini bisa meningkatkan derajat hidup petani. Jika selama ini hanya panen dua kali dalam setahun, ke depan semoga bisa panen tiga kali dalam setahun. Dengan begitu swasembada pangan akan lebih meningkat,” kata Huda usai menyaksikan panen raya bersama petani di Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Rabu (02/09/201) pagi.

Calon bupati yang akan maju lagi bersama wakilnya Noor Nahar Hussein dalam pilkada 9 Desember mendatang ini, menjelaskan irigasi yang sudah ada saat ini bergantung dari aliran Sungai Ngerong yang berada di jantung Desa Rengel.

“Itu pun tidak semuanya bisa terjangkau. Seluas 125 hektar masih terdampak kekeringanketika musim kemarau. Makanya, embung adalah solusinya,” tutur bupati kelahiran Desa Pakel Kecamatan Montong ini.

Menurut Huda, pengerjaan embung berukuran 150×40 meter tersebut nantinya Pemkab Tuban akanberkordinasi perusahaan mengingat Desa Bulurejo merupakan daerah ring 1 JOB Petro China East Java.

“Pada sisi lain kita masih berupaya untuk memperbaiki dalam berbagai hal. Terutama tanggul Bengawan Solo. Mulai tahun ini sudah dikerjakan. Nantinya genangan air yang tidak bisa mengalir ke luar saat penghujan maka solusinya kita bikin embung ini,” ungkap Huda disamping Kepala Desa Bulurejo Yauri.

Sementara lumbung padi yang dimiliki Kabupaten Tuban saat ini dalam kondisi surplus sekitar 54 persen atau dengan nilai rata-rata pertumbuhan 3,4 sampai 3,5 persen.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author