Published On: Sel, Agu 16th, 2016

Ekspresikan Nasionalisme Melalui Selfie Pejuang

Share This
Tags

MONTONG

seputartuban.com – Komunitas seni dan budaya Putri Asih memiliki cara berbeda dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71. Yakni dengan menggelar lomba foto selfie pejuang di kawasan wisata Gua Putri Asih, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Selfie PejuangKegiatan ini dilakukan untuk memberikan pendidikan nasionalisme melalui hobi atau kebiasaan masyarakat. Sehingga diharapkan pesan nasionalisme dapat mampu mempengaruhi pemikiran masyarakat luas.

Kegiatan foto dan pendaftaran dimulai sejak 7 Agustus dan ditutup pada 27 agustus 2016 tersebut memperebutkan Piala Dandim 0811 Tuban dan sejumlah hadiah menarik lainya. Masyarakat dapat mengekspresikan gaya pejuang yang disukai. Tidak harus meniru tokoh pahlawan nasional.

“Yang penting fotonya pakai kostum gaya pejuang. Pendaftaranya Cuma Rp. 5 ribu saja tiap foto,” ungkap Sekretaris Rumah Budaya, Usul Pujiono, Senin (15/8/2016).

Kegiatan ini merupakan cara baru untuk memberikan pendidikan wawasan kebangsaan atau nasionalisme kepada masyarakat. Dengan berpakaian ala pejuang, setidaknya dapat mengenang jasa atau pengorbanan para pahlawan atau pendahulu bangsa. “Bukan sekedar selfie biasa. Ini upaya kami untuk memberikan “warna” dan pendidikan masyarakat dalam memperingati Kemerdekaan RI,” imbuh Mantan Presiden BEM di Bojonegoro itu.

Rumah Budaya Putri Asih, yang merupakan komunitas masyarakat hasil binaan Koperasi Wono Asih menyampaikan terima kasih kepada Dandim 0811 Tuban, Letkol Sarwo Supriyo yang telah berkenan memberikan semangat. Dengan bersedia menjadi inspirator dan motivator dan upaya meninggikan nasionalisme masyarakat tersebut.

“Terima kasih pak Dandim atas dukungan terhadap program kami. Nanti bagi nominator akan diundang semua saat sarasehan kebangsaan. Kemudian ada acara tersendiri dalam penyerahan hadiahnya,” pungkas Usul.

Diketahui, Rabu 17 Agustus 2016, Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo juga akan menjadi inspektur upacara di dalam Gua Putri Asih. Dengan peserta upacara dari lintas masyarakat, komunitas, Muspika Montong hingga lintas perguruan atau organisasi pencak silat dan Perhutani KPH Parengan beserta jajaranya. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author