Published On: Sel, Agu 18th, 2015

Ekspresikan Kemerdekaan Alam, Gelar Upacara di Dalam Goa Putri Asih

MONTONG

HARMONI : Peserta upacara dari berbagai latar belakang. Masyarakat, mahasiswa, perguruan silat dan karyawan Perhutani KPH Parengan

HARMONI : Peserta upacara dari berbagai latar belakang. Masyarakat, mahasiswa, perguruan silat dan karyawan Perhutani KPH Parengan

seputartuban.com – Masyarakat Desa Guwoterus dan Desa Nguluhan, Kecamatan Montong bersama Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan melaksanakan upacara bendera HUT RI ke 70 di dalam Goa Putri Asih, Senin (17/08/2015). Acara ini untuk menyerukan agar alam atau hutan turut serta merdeka dari tangan jahil manusia.

Peserta upacara yang terdiri dari warga 2 desa beserta anak dan istrinya, mahasiswa UGM Yogjakarta, perwakilan 4 perguruan silat dan karyawan perhutani tersebut berjalan hikmat. Suasana redup dilengkapi cahaya lilin menambah kesakralan upacara.

Layaknya melaksanakan upacara umumnya, petugas pengibar bendera, pembacaan teks UUD 1945 melaksanakan tugasnya masing-masing dengan pembina upacara Adm Perhutani KPH Parengan. Kondisi yang jarang ditemui, peserta nampak hikmat selama kegiatan berlangsung.

“Kegiatan ini murni atas keinginan masyarakat sekitar dan tanpa ditunggangi oleh kepentingan apapun. Maka melalui kegiatan upacara peringatan kemerdekaan yang kami laksanakan didalam Goa ini menjadikan langkah awal serta komitmen bersama dalam membangun lagi mutiara terpendam (Goa Putri Asih) dibawah kawasan KPH Parengan,” terang Administratur KPH Parengan, Daniel Budi Cahyono. Senin (17/08/2015) siang.

Kegiatan ini juga sebagai bukti kebersamaan masyarakat lintas sektor untuk membangun komunikasi. Karena mereka dari latarbelakang yang berbeda menyatu dalam sebuah kegiatan. Apalagi suasana dalam goa membuat mereka saling terlibat perbincangan hangat sebelum dan sesudah upacara.

Usai upacara bendera, peserta upacara dipersilahkan menyusuri goa sepanjang 300 meter dengan dipandu masyarakat setempat. “Sangat senang karena ini baru pertama kali bagi kami melaksanakan upacara bendera HUT RI didalam goa. Kami merasa senang dan sangat terkesima,” terang mahasiswi asal Universitas Gadjah Mada, Alvi Novaana.

Diketahui, hadir dalam perguruan silat yang hadir dalam upacara ini adalah IKS PI Kera Sakti, SH Terate, Margaluyu 151 dan Bunga Islam. Sedangkan jajaran Perhutani KPH Parengan hadir Waka Adm, Pabin, Asper BKPH Mulyoagung, Kepala RPH Guwoterus dan Nguluhan serta karyawan lainya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author