Published On: Ming, Apr 6th, 2014

Dugaan Pelanggaran Kampanye PKB Masih Didalami

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Polisi belum menerima laporan terkait dugaan pelanggaran kampanye Partai Kebangkitan bangsa (PKB) di stadion Lokajaya, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jum’at (4/4/2014). Yakni dengan hadirnya anak-anak dalam kampanye dengan memakai atribut partai maupun Calon Legislatif (Caleg).

Anak-anak Kampanye PKB Tuban

MERIAH : Keberadaan anak-anak dalam Kampanye PKB ini semakin memeriahkan acara

Melibatkan anak-anak dalam kampanye, tercantum dalam Undang-Undang Perlindungan Anak nomor 23 tahun 2002 pasal 15, didalamnya disebutkan bahwa anak-anak harus dilindungi dari keterlibatan politik baik dalam kampanye, pawai, penggunaan atribut, penempelan poster, maupun pengibaran bendera partai.

Kasatreskrim Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP), Wahyu Hidayat saat dikonfirmasi pelanggaran tindak pidana perlindungan anak dibawah umur ini harus memenuhi beberapa syarat agar dapat ditindak lanjuti. Salah satunya jika tidak ada pelapor atau orang tua anak melaporkan, maka Polisi tidak dapat melakukan proses hukum. “Benar memang itu unsur pelanggarannya, kalau memang ada anak diikutkan kampanye, ” ujar Wahyu.

Sedangkan jika dari pelanggaran pemilu, sudah terdapa Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Sat Reskirm menunggu penyerahan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Tuban untuk dapat ditindak lanjuti. Prosedurnya itu panwas dulu. Hasilnya bagaimana, baru ada Gakkumdu. Kalau UPPA tidak ada yang melapor atau orang tua anak itu ya tidak bisa ditindak, ” ungkapnya.

Divisi Penindakan dan Pelanggaran Pemilu Panwaskab Tuban, Edy Toyibi saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa temuan tetap menjadi tugas Panwascam Jenu. Setelah ada laporan pelanggaran, baru dilakukan tindakan pemanggilan, pemeriksaan. “Kita tunggu temuan dari Panwascam dulu. Masih diperiksa dulu,” ungkap Edi. (han)

Facebook Comments

About the Author