Published On: Sel, Agu 20th, 2013

DPT Pilgub Jatim Bertambah Sebanyak 931 Pemilih

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Dalam sidang pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban, terdapat penambahan Daftara Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Umum (Pilgub) Jawa Timur. Sidang dilakukan di Gedung DJoeang, Jl. Pramuka, Kecamatan Latsari, Kabupaten Tuban, Senin
(19/08/2013), siang.

Rapat Pleno DPT

BERJALAN ALOT : Rapat pleno penetapan DPT Pulgub Jatim di Gedung Djoeang

Dalam sidang kali ini DPT sebelumnya berjumlah 929.378 pemilih. Denga rincian, untuk jumlah perempuan sebanyak 471.944 pemilih, sedangkan untuk laki-laki sejumlah 457.434 pemilih. Setelah dilakukan pemutakhiran dan pendataan dari beberapa laporan pemilih yang belum masuk, DPT ditetapkan kembali sebanyak 931 pemilih.

Sehingga jumlah total DPT yang sudah menjadi keputusan pleno sebanyak 930.303 pemilih. dengan rincian, perempuan sebanyak 472.335 pemilih dan laki-laki 457. 974 pemilih. Jumlah ini merupakan hasil pemutahiran yang dilakukan oleh Panitia Pemurtahiran Pemilih (Pantarlih).

Rapat pleno sempat berjalan alot. Karena penjumlahan setiap Pantarlih Kecamatan berbeda dengan cara input data yang dilakukan oleh KPUK Tuban. Cara input data pemilih yang dilakukan oleh Pantarlih Kecamatan menggunakan sitem manual dan aplikasi Intregate Sistem Operational Data Pemilih (ISO DP).

Sedangkan pemutahiran yang dilakukan oleh KPU K Tuban seluruhnya menggunakan program ISO DP. Hal ini menjadikan kerancuan dalam menentukan jumlah total DPT dalam sidang tersebut. Sehingga sidang berjalan cukup lama.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Soemito Karmani, saat dikonfirmasi usai sidang mengatakan pihaknya sudah melakukan penetapan DPT. Hasilnya terdapat selisih dari DPS dengan DPT. Yakni sebesar 931 pemilih.  “selisih pasti ada, karena ada waktu perbaikan DPT perhitungan memang banyak kendala. Diantaranya dari penggunaan program dan perhitungan manual, ini wajar saja,“ ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author