Published On: Sab, Agu 11th, 2012

DPR RI Akan Kirim Tim Pemburu Aset Century Ke Luar Negeri

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

TUBAN

seputartuban.com – Baru-baru ini mantan Ketua KPK, Antasari Azhar menggegerkan publik soal tertimoninya tentang kasus Bank Century. Saat ditanya hal ini, Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso disela-sela kunjunganya, mengatakan bahwa jika benar apa yang dikatakan Antasari Azhar dalam testimoninya, sudah tentu hal tersebut akan menggemparkan dunia dan akan menjadi berita yang cukup mengejutkan. Priyo juga menyatakan bahwa pihaknya tidak dalam posisi menilai, tingkat kebenaran testimoni tersebut.

Terkait testimoni mantan ketua KPK Antasari Azhar, Priyo yang juga ketua Tim Pengawas Skandal Century, menyatakan bahwa saat ini masalah tersebut masih sedang dicari jalan keluarnya.  DPR RI juga telah menilai dan memutuskan bahwa skandal Century menyimpan banyak hal, termasuk dugaan tindak pidana korupsi, tindak pidana pencucian uang, dan tindak pidana kriminal perbankan lainnya.

Priyo menambahkan bahwa perkembangan kasus skandal Century saat ini sudah ada progres progres yang cukup baik, yang dilakukan oleh KPK pimpinan Abraham Samad. Dalam rapat terakhir, Tim Pengawas Century sudah mendengarkan secara langsung paparan dari pimpinan KPK dan terkait masalah tersebut, pihaknya saat ini dalam posisi menunggu, sampai sejauh mana progres report tentang pengusutan, yang telah di selidiki oleh KPK.

Sementara itu Jaksa Agung dan Polri sendiri juga sudah menyampaikan progres report, termasuk beberapa orang juga telah diperiksa, bahkan ditahan. Termasuk pencekalan ataupun rencana DPR untuk mengirimkan Tim Pemburu Aset Century di luar negeri, terutama di daerah yang ditengarai kemungkinan aset-aset Century digelapkan di luar negeri.

Dan hal itu juga sudah dilakukan oleh pihaknya, tapi untuk memastikan rencana itu, Priyo akan memastikan agar semua bergerak dengan baik. Terkait testimoni Antazari Azhar, anggota DPR RI dari Fraksi Golkar ini menyatakan, bahwa DPR lebih baik menunggu, apakah testimoni Antasari Azhar tersebut menjadi sebuah temuan atau fakta baru.

Pihaknya saat ini juga akan membicarakan apakah ada kemungkinan Antasari Azhar akan dipanggil secara khusus ke DPR, untuk menjelaskan duduk perkara mengenai masalah skandal Century tersebut.

“kami akan mengirimkan tim pemburu aset century ini diluar negeri, terutama di daerah yang ditengarai kemungkinan aset-aset Century digelapkan di luar negeri,” Ujarnya.

Dan sebagai pimpinan Tim Pengawas Skandal Century, Priyo belum bisa memastikan karena pihaknya masih harus membicarakan hal itu dengan semua fraksi-fraksi yang tergabung dalam Tim Pengawas Century.

Foto : Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso saat di Kwang Sing Bio Tuban

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos