Published On: Sel, Feb 16th, 2016

DPO Pemeras Berkedok Wartawan Dibekuk Saat Keluar Rumah

TUBAN

DIBEKUK : Tersangka ditangkap petugas dirumahnya setelah 30 hari buron

DIBEKUK : Tersangka ditangkap petugas dirumahnya setelah 30 hari buron

seputartuban.com – 1 dari 5 Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus pemerasan berkedok wartawan berhasil ditangkap. Sebelumnya terduga pelaku sudah dicari petugas sebulan. Hingga akhirnya saat dia pulang dan akan keluar rumah langsung disergap petugas.

Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati menjelaskan selama buron keberadaan Kasto, warga Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban terus dicari. Hingga informasi yang diterima Polisi bahwa dia pulang kerumahnya. Kemudian pada Rabu (10/2/2016) pukul 07.30 WIB dia ditangkap petugas tanpa perlawanan saat keluar rumah. “Ditangkap dirumahnya,” katanya Senin (15/2/2016).

Terduga pelaku pulang kerumah sejak Selasa (9/2/2016), kemudian sehari berikutnya komplotan berkedok wartawan itu ditangkap. Sebelumnya dia bagian dari pelaku pemerasan terhadap korban salah ambil helm. Dia bersama tersangka sebelumnya,  Mukhamad Mutoin (45), warga Desa Cendoro, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, yang kini sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Tuban.

Dia berbagi peran untuk memeras korbanya dengan memakai profesi wartawan Trans 9. Saat operasi tangkap tangan yang dilakukan Sat Reskrim Polres Tuban, hanya Toin yang dilokasi. Sedangkan Kasto tidak ada ditempat, hingga akhirnya ditetapkan sebagai DPO. “Temanya (Toin) sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Tuban,” imbuh Elis.

Kasto yang sudah ditetapkan menjadi tersangka itu dipastikan akan segera dilimpahkan ke Kejari Tuban. Karena berkas pemeriksaan maupun alat bukti sudah mencukupi. Dijerat pasal 368 KUHP dengan ancaman pidana maksimal selama 7 tahun penjara.

Diketahui, saat ini Petugas Unit Reskrim Polres Tuban masih melakukan pengejaran terhadap 4 DPO lainya, diantaranya adalah IA tercatat wartawan Trans 9 yang terlibat melakukan pemerasan terhadap tukang las. Serta, PJ, M dan AW. Mereka adalah wartawan Jejak Kasus dan Radar Bangsa yang diduga telah memeras pengusaha daur ulang obat nyamuk bakar pada Kamis (22/10/2015). ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author