Published On: Sel, Okt 10th, 2017

DPC PDI Perjuangan Tuban Perkuat Ideologi Kader

seputartuban.com, TUBAN – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) memantabkan kadernya untuk menghadapi agenda politik pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Sejak 6 hingga 8 Oktober 2017, sebanyak 91 kader agar lebih menguatkan lima mantab.

Militansi Kader : Salah satu sesi pelatihan, kader sedang melakukan analisa

Menurut Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban, Kusmen menjelaskan Lima mantap itu, merupakan keputusan dari Kongres IV PDIP di Bali, sehingga jajaran partai wajib melaksanakan amanat kongres tersebut. 
Lima mantap itu adalah mantap Ideologi, yakni berdasarkan Pancasila dan UUD 1945; mantap Organisasi. Yakni jajaran kepengurusan PDIP harus aktif dari pusat hingga ke desa/kelurahan. Hal itu sudah dilakukan oleh DPC PDIP Kabupaten Tuban dengan melaksanakan musyawarah ranting di 328 Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Tuban. Semuanya sudah memiliki pengurus yang sah, dan mengantongi Surat Keputusan (SK) dari DPC PDIP Kabupaten Tuban dan telah dilantik.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban, Kusmen

Masih menurut Kusmen, dalam konsep PDIP, upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera tidak dapat dicapai kalau tidak didukung oleh struktur organisasi yang kuat hingga ke tingkat desa/kelurahan di seluruh Indonesia. Karenanya, DPC PDIP Kabupaten Tuban sudah melaksanakan amanat kongres tersebut.
Mantap yang ketiga adalah mantap Kader. PDIP bertekad untuk menciptakan kader-kader yang berkualitas, yang mampu menjadi pioner di tengah-tengah masyarakat hingga ke tingkat desa/kelurahan. Sehingga DPC PDI Perjuangan Tuban melaksanakan Diklat Pratama angakatan Pertama kemarin.

Kaderisasi yang diselenggarakan Badiklatcab DPC PDI Perjuangan Tuban di salah satu hotel di Tuban itu diikuti pengurus anak cabang (PAC), elemen partai lainnya. Serta seluruh pengurus DPC PDIP Tuban yang belum pernah ikut kaderisasi.

“Ini kaderisasi yang oleh Badiklatcab yang pelaksanaannya disupervisi Badiklatda DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, dan dimonev Badiklatpus DPP PDI Perjuangan,” kata Bambang Juwono, Ketua Badiklatda PDI Perjuangan Jatim.

Bambang Juwono atau yang biasa disapa Logos itu menambahkan, kaderisasi pratama itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM anggota partai. Melalui materi yang diberikan yakni pemahaman ideologi partai. Diharapkan para kader memiliki visi berpartai yang jelas dan berorientasi pada kepentingan bangsa dan negara.

“Agar tidak terjebak pada kepentingan sempit dan pragmatis. Sehingga dapat dihadirkan kader yang disiplin, loyal, ikhlas, cerdas, militan, dan pantang menyerah yang selalu menjadi yel-yel dalam setiap diklat,” kata Anggota DPRD Provinsi Jatim itu. Rls/Nal

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>