Published On: Jum, Jun 5th, 2015

KPUD Tuban Masih Tunggu DP4 Pilkada

TUBAN

EUFORIA PILKADA TUBANseputartuban.com – Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 2 tahun 2015, tahapan Pilkada pada 3 Juni 2015 adalah penerimaan  Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Kementrian Dalam Negeri kepada KPU pusat. Sehingga data tersebut belum diterimakan kepada KPUD Tuban.

Pilkada kali ini berbeda sebelumnya, pada Pilkada atau Pemilu lalu DP4 disiapkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tiap daerah. Namun kali ini, DP4 disiapkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) yang diberikan kepada KPU Pusat, kemudian diteruskan ke KPU Daerah.

Divisi Teknis dan Data KPUD Tuban, Salamun mengatakan pihaknya belum menerima DP4 dari KPU pusat. Informasi yang diterimanya, DP4 baru diserahkan oleh Mendagri (03/06/2015), sehingga data tersebut hingga saat ini masih ada di KPU Pusat. “Diperkirakan tanggal 20-23 Juni 2015 baru akan kita terima DP4 dari KPU Pusat,” katanya.

Setelah menerima DP4 akan dilakuak analisa dan pencocokan lapangan. Dengan membentuk petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tiap desa. “Kita akan membentuk PPDP untuk melakukan pemutahiran data pemilih sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS),” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tuban, Joni Martoyo menjaskan sistem kependudukan saat ini online. Sehingga data kependudukan harian dapat diakses langsung oleh pemerintah pusat. “Data itu tetap bersumber dari kita, tetapi tidak kita yang menyediakan langsung, sudah ditangani langsung oleh pusat,” ungkapnya.

Mantan Kabag Humas dan Media Pemkab Tuban ini menambahkan jika data kependudukan Tuban saat ini masih terdapat dobel data. Karena pindah tempat maupun data lainya. “Kalau jumlahnya, kisarannya tidak jauh dari data pelaksanaan pemilu kemarin, sebab ada yang pindah keluar dan juga ada yang pinsah masuk,” tegasnya.

Diketahui, sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pelaksanaan Pemilihan Presiden lalu, Kabupaten Tuban terdapat 929.160 pemilih yang tersebar di 20 Kecamatan. Setiap TPS minimal 400 pemilih dan maksimal ada 800 pemilih, sehingga diperkirakan akan ada 2.082 TPS.

Tahapan Pilkada 2015 berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author