Published On: Sen, Mar 23rd, 2015

“Dome” Remajakan “Wajah” Sunan Bonang Tuban

TUBAN

LENGANG: Suasana di kawasan makam Sunan Bonang Tuban, Senin (23/03/2015) siang.

LENGANG: Suasana di kawasan makam Sunan Bonang Tuban, Senin (23/03/2015) siang. foto: ARIF AHMAD AKBAR

seputartuban.com–Seiring terus menyemutnya peziarah makam Sunan Bonang yang berada di sebelah barat Alun-alun Kabupaten Tuban, Dinas Perekonomian Dan Pariwisata (Disperpar) akan melakukan peremajaan dengan menambah bangunan “dome”.

Dalam bahasa arsitektur “dome” adalah bentuk setengah lingkaran seperti kubah. Rencananya, bangunan yang akan didesain berupa atap ini untuk memanjakan para pejalan kaki menuju makam salah satu penggawa Wali Songo tersebut.

Kepala Bidang Pariwisata Disperpar Kabupaten Tuban, Naryo, mengatakan penambahan bangunan “dome” akan disegerakan untuk memperindah makam.

“Penambahan tersebut kami laksanakan untuk menunjang sarana prasarana makam. Semata agar para peziarah semakin merasa nyaman,” kata dia, Senin (23/03/2015) siang.

Menurut Naryo, menurunnya peziarah makam Sunan Bonang Tuban seiring masuknya bulan Jumadil Akhir ddalam penanggalan hijriyah seperti sekarang ini, akan dimanfaatkan untuk segera melakukan pengerjaan.

“Untuk pembagunan “dome” tersebut kira-kira luasnya 200 meter. Namun lebih lanjut kami masih akan melakukan koordinasi  dengan Yayasan Al Mabarrot selaku pengelola makam,” imbuhnya.

Dijelaskan, pembangunan “dome” tersebut bakal secepatnya dikerjakan pada pintu utama menuju makam. Karena sebelumnya pada pintu masuk tersebut belum terdapat atap penutup.

“Sehingga ketika musim penghujan tetap dapat digunakan untuk aktivitas para peziarah maupun kegiatan yang lain,” tandas Naryo. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author