Published On: Kam, Feb 4th, 2016

Doa Lilin 3 Bentuk Dalam Perayaan Imlek

TUBAN

BAHAGIA : Persiapan imlek di klentheng Kwan Sing Bio Tuban, dengan menata lilin

BAHAGIA : Persiapan imlek di klentheng Kwan Sing Bio Tuban, dengan menata lilin

seputartuban.com – Lilin menjadi salah satu atribut yang menghiasi saat perayaan Imlek 4713 dimulai pada 8 Pebruari 2016. Beraham jenis lilin masing-masing memiliki makna dan wujud doa yang berbeda.

Menurut ahli jiamsi Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Hendra Susanto, mengatakan lilin menjadi ornamen penting dalam perayaan Imlek. 3 kategori lilin masing-masing memiliki makna berbeda. “Biasanaya yang paling diburu diantaranya lilin tiga bentuk. Yaitu lilin panjang umur, lilin murah rezeki, dan lilin perjodohan,” ungkapnya. Kamis (4/2/2016).

Menurutnya tiga lilin yang paling diburu tersebut bermaksud seseuai dengan bentuknya. Yakni lilin panjang umur yang berbentuk ramping memanjang disertai bentuk sumbu api yang melebar sehingga peneranganya maksimal.

Lilin murah rezeki yang berbentuk lebar dan gemuk dengan menggunakan tiga sumbu penerangan. Sedangkan lilin perjodohan berbentuk sedang namun kembar biasanya berwarna kuning dan merah.

Harga dijualkan di koperasi Kwan Sing Bio Tuban berkisar dari harga terendah sebesar Rp 2.000,- untuk lilin ukuran 1/5 Kt. Harga sedang sebesar Rp 1.200.000 untuk lilin ukuran 50Kt. dan Rp 72.000.000 untuk lilin kategori besar ukuran 3000Kt.

“Nyala lilin itu pasti membuat terang sekeliling dan sekitarnya. Namun tubuh lilin itu akan meleleh dengan sendirinya. Maknanya, dalam hidup meskipun kita harus berkorban untuk menolong dan membahagiakan sesama mahluk tuhan, itu hukumnya wajib. Dan ketika kita berkorban untuk kepentingan bersama maka disitulah pencerahan akan datang,” lanjutnya.

Ia menambahkan, pada hakikatnya lilin adalah simbol cahaya kasih sayang. Yaitu semangat rela berbagi, berbuat kebaikan bagi bersama. Simbol inilah sebagai wujud pelajaran bagi umat manusia sekaligus sebagai doa. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author