Published On: Sel, Jun 24th, 2014

DKP Ambil Alih Operasional TPI Bancar

Share This
Tags

TUBAN

ALIH FUNGSI : Lokasi TPi Bancar digunakan nelayan untuk lahan perbaikan jaring

ALIH FUNGSI : Lokasi TPi Bancar digunakan nelayan untuk lahan perbaikan jaring

seputartuban.com – Setelah hampir 2 tahun Tempat Pelelangan Ikan di Kecamatan Bancar tidak operasional, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemkab Tuban akan mengambil alih pengelolaanya.

Kepala DKP Pemkab Tuban, Sunarto, Senin (23/6/2014), mengungkapkan pengambil alihan pengelolaan ini dikarenakan pasca diresmikanya TPI tersebut oleh Gubernur Jatim, Soekarwo lalu tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Koperasi yang sudah dibentuk untuk mengelola belum maksimal mengoperasionalkanya. Sehingga membuat para nelayan enggan menjual hasil tangkapanya di TPI ini. “Sangat komplek memang permasalahannya. Sampai proses lelang tidak bisa dilakukan. Dari internal sendiri, hingga proses lelang.“ katanya.

Hasil temuan DKP, pihak Koperasi kurang jeli untuk membedakan nelayan sebagai penjual ikan dan tengkulak sebagai pembeli atau peserta lelang ikan. Dampaknya bagi nelayan yang memiliki modal besar bisa menjadi peserta lelang (pembeli) juga. Kondisi ini mengakibatkan harga ikan anjlok.

SEPI : TPI Bancar tidak operasional pelelangan ikan hampir 2 tahun lalu

SEPI : TPI Bancar tidak operasional pelelangan ikan hampir 2 tahun lalu

Karena merasa tidak ideal dalam mengelola proses lelang, para nelayan menjual ikan hasil tangkapanya diluar TPI. “Justru dijual diluar, akhirnya sampai sekarang kita terus evaluasi bagaimana bisa dirubah. Kalau kabar Koperasi kurang modal itu tidak benar,“ tegasnya.

Saat ini DKP membentuk Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) DKP Bancar. Pembentukan kelompok kerja dan penerbitan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai payung hukumnya sudah diolah dibagian Bagian Hukum Pemkab Tuban.

“Menunggu kosong UPTDnya, sudah disiapkan sebagai payung hukumnya. Sebelumnya koperasi yang kita tunjuk. Selanjutnya kita akan evaluasi dan sosialisasi untu pengambilalihan ini,“ jelasnya. HANAFI

Facebook Comments

About the Author