Published On: Jum, Okt 28th, 2016

Diterjang Puting Beliung, Warga Palang Merugi Ratusan Juta

PALANG

seputartuban.com – Akibat diterjang puting beliung yang melanda wilayah Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Rabu (26/10/2016) malam menyebabkan masyarakat mengalami kerugian materil sebesar Rp 136 Juta.

BANTU WARGA : Personil BPBD Pemkab Tuiban saat membantu memperbaiki atap rumah warga yang rusak

BANTU WARGA : Personil BPBD Pemkab Tuiban saat membantu memperbaiki atap rumah warga yang rusak

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, total kerugian itu dari 33 rumah warga. Yang mengalami kerusakan ringan, sedang hingga berat. Rincianya, kerusak parah akibat hempasan angin tersebut telah membuat kandang ternak milik Joko rata dengan tanah. Yang menyebabkan kerugian materiil sebesar Rp 10 Juta. Sedangkan rumah milik Busri yang baru saja dibangun, tembok bagian kanan rumahnya ambruk. Akibatnya ia merugi sebesar Rp 50 Juta.

Kemudian rumah milik Kiswandoyo, sebagian atap rumahnya terhempas angin. Namun, tempat penggilingan padi miliknya ambruk. Akibatnya ia merugi sebesar Rp 30 Juta. Serta rumah milik Huda, ia merugi sebesar Rp 10 juta akibat atap rumahnya terhempas angin dan gudang tempat penyimpanan hasil pertanian miliknya ambruk.

Kemudian kandang ternak milik Kasnari dan Sunoto, kedua kandang  tersebut juga tidak luput dari amukan angin. Akibatnya keduanya harus merugi sebesar Rp 20 juta.

Sedangkan mereka yang mengalami kerusakan ringan pada bagian atap  akibat genting rumah turut terhempas angin dan tertimpa patahan ranting pohon. Diantaranya menimpa rumah milik Muntiani, Budi, Agung, Sumat, Agus, Ngasipan, Kasih, Kastono, Sumindar, Hanto Waluyo, Purwanto, Ngaspiah, Mardikun, Sumaji, Lanang. Juga Sriyani, Tasiban, Katam, Ngatminah, Markuat, Jasrinah, Susianti, Matrozi, Taseno Sagoh dan Marmono. Kalkulasi kerusakan ringan ini seluruhnya mencapai Rp 24 Juta.

“Alhamdulilah, bencana puting beliung itu hanya mengakibatkan kerusakan materiil dan tidak mengakibatkan korban jiwa. Sejak pagi tadi kami dengan warga setempat sudah melaksanakan kerja bhakti untuk membantu membenahi rumah warga yang rusak,” kata Plt Kepala BPBD Pemkab Tuban, Joko Ludiono, Kamis (27/10/2016) pagi.

Menurutnya, untuk meringankan beban para warga terdampak, pihaknya sudah berkoordinasi melibatkan Muspika serta perangkat desa setempat untuk terlibat memberikan dana sosial. “Selain didukung dana sosial dari anggaran tak terduga Pemkab Tuban, kami dibantu dana sosial bencana yang sudah dianggarkan pihak desa setempat dalam APBDes,” ungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author