Published On: Sel, Des 25th, 2012

Diterjang Banjir, Puluhan Hektar Padi Terendam

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

MERAKURAK

seputartuban.com – Hujan lebat mengakibatkan sejumlah jalan desa dan persawahan di 5 desa di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Selasa (25/12/2012) terendam banjir. Selain itu banjir yang merendam jalan poros Desa Kapu, Desa Borehbangle, Desa Tahulu, Desa Sumber dan Desa Mandirejo membuat aktivitas warga sangat terganggu.

Hujan lebat yang turun sejak malam Senin (24/12/2012) malam membuat persawahan di 5 desa tersebut terendam air.  Banjir berasal dari air hujan, kiriman desa sekitar, seperti Desa Tahulu dan Desa Becok.

Selain itu, saluran dari Desa Sumurgung, Kecamatan/ Kabupaten Tuban semakin dangkal. Sehingga debit air yang melimpah tidak dapat ditampung. Hingga meluap diareal persawahan sekitarnya. Dan para petani resah lantaran tanam padi yang baru ditanam terancam rusak. Karena jika genangan ini berlangsung lama, membuat tanaman padi membusuk.

Suprianto (31), Warga Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban,  menuturkan wilayahnya, setiap musim hujan menjadi langganan banjir. “sawahnya tidak panen, kalau air hujan terus datang, kalau seperti ini terus bisa saja banyak rumah warga tergenang,” ujarnya.

Terpisah, Camat Merakurak, Sugeng Winarko saat dikonfirmasi melalui ponselnya memastikan bahwa wilayah sebanyak 5 desa yang kawasanya direndam banjir. Dengan luas lahan pertanian yang terendam sekitar 40 hektar. “Hari ini sudah saya data, rencananya besok akan saya laporkan ke Pak Wabup, untuk dijadikan laporan sebagai acuan perbaikan Avun Jambun,” ungkapnya.

Foto : Kawasan jalan poros Desa Kapu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban terendam banjir

Facebook Comments

About the Author