Published On: Sab, Agu 3rd, 2013

Ditemukan Mamin Tanpa Masa Kadaluarsa

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Petugas gabungan dari Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Dinas Kesehatan Pemkab Tuban dan Polres Tuban menggelar razia makanan dan minuman (Mamin), Kamis (01/08/2013) disejumlah toko dikawasan Jalan Panglima Sudirman Tuban.

Razia Mamin

DIPERIKSA : Pemilik toko saat diminta petugas menunjukkan mamin jualanya

Saat pemeriksaan dilakukan disebuah toko penjual makanan ringan dan hasil laut, ditemukan 500 jenis makanan yang tidak memiliki masa kadaluarsa.  Pemilik toko, Anggra Supriyadi saat dikonfirmasi, mengatakan produk yang dijualnya dibelinya dari para Usaha Kecil Menengahh (UKM) di Kabupaten Tuban.

Para pengusaha kecil ini hasil produknya banyak yang tidak memiliki daftar masa kadaluasa. Selain itu, mamin yang dijual juga memiliki packing yang kurang bagus. “Kita hanya membeli dari UKM. Barang yang kami jual kita lihat dari barangnyya, kalau jelek kita afkir,” ujarnya.

Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata , Pemkab Tuban, Farid Achmadi saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya menemukan banyaknya kemasan makanan yang rusak. Dan makanan basah yang tidak terdapat daftar masa kadaluarsa.

Bagi para penjual yang melanggar ketentuan ini didata dan disita jualanya. Selain itu, asal mamin juga dilakukan pendataan. Agar dapat dilakukan pembinaan kepada penjual dan memanggil produsen untuk diperingatkan. “Ada sekiatar 500 jenis makanan yang kami periksa dan ada kejanggalan dan perlu dilakukan pembinaan. Untuk masa penarikan expaired yang menentukan dinas kesehatan, ” ungkapnya.

Pemeriksaan ini dilakukan bentuk antisipasi menjelang lebaran.  Karena daya beli masyarakat meningkat, sehingga sangat perlu dijaga kwalitas barang yang beredar dipasaran. Sehingga tidak ada yang membahayakan bagi masyarakat. (han)

Facebook Comments

About the Author