Published On: Sab, Jun 11th, 2016

Ditargetkan 2017 Pembangunan JLS Dimulai

TUBAN

seputartuban.com – Hingga saat ini pengadaan lahan untuk pembangunan mega proyek jalan lingkar selatan (JLS) masih belum selesai. Sedangkan anggaran yang sudah dihabiskan hingga saat ini sebesar Rp. 104 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Tuban.

Kepala Dinas PU Pemkab Tuban, Choliq Qunnasich

Kepala Dinas PU Pemkab Tuban, Choliq Qunnasich

Sementara anggaran yang disediakan tahun 2016 sebesar Rp. 47 miliar dan sudah terserap sebesar Rp. 37 miliar,  sehingga masih ada sisa anggaran sebesar Rp. 10 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, Choliq Qunnasich mengatakan bahwa sampai saat ini penyediaan lahan sudah 80 persen. Lamanya proses disebabkan karena tahapan dari pertanahan membutuhkan waktu lama, sehingga pembayarannya harus menunggu diterbitkannya ukur bidang dari BPN. “Kita juga terkendala orang yang memiliki lahan ada yang diluar kota,” kata Choliq, Jumat (10/6/2016).

Sementara itu, hasil koordinasi dengan pemerintah pusat, pelaksanaan pembangunan fisik JLS bisa dilaksanakan bila penyediaan lahan sudah 100 persen. Sehingga saat ini Dinas PU terus mengenjot proses pembebasan lahannya, ditargetkan 2016 bisa terselesaikan. “Pembebasan lahannya kita upayakan selesai tahun ini, dan akan segera kita ajukan ke pusat. Sehingga 2017 pembangunan fisiknya bisa terlaksana,” harap Choliq.

Sedangkan kekurangan anggaran untuk pembebasan lahan akan diajukan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2016. Sehingga jalan yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan yang saat ini kerap terjadi dapat terselesaikan.

Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan JLS itu sebesar Rp. 440 miliar. Dari panjang 20 KM tersebut setiap KM-nya membutuhkan anggaran Rp. 22 miliar. Rencana pelaksanaan pembangunan fisik semuanya akan didanai oleh pemerintah pusat melalui APBN. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author