Published On: Sab, Apr 27th, 2019

Distribusi LPG Melon Akan Ditertiban

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

seputartuban.com, TUBAN – LPG Tabung 3 Kilo gram, adalah barang bersubsidi yang disalurkan  oleh pemerintah pada masyarakat melalui pertamina. Subsidi dibayarkan sebesar volume penyaluran ke masyarakat.

Dilapangan, sampai saat ini penerima subsidi masih sulit untuk diidentifikasi. Pendistribusiannya juga diduga kuat belum dap`at tepat sasaran, sehingga rawan untuk diselewengkan. Selain itu, jumlah penggunaan tabung LPG juga tidak bisa di batasi. Sehingga Rawan terjadinya pengoplosan dan penimbunan akibat disparitas harga antara subsidi dan non subsidi.

“Harga di  konsumen cenderung ditentukan oleh pengecer sehingga pengendalian harga sulit dilakukan, dan anggaran subsidi berpotensi tidak terkendali dengan jumlah yang besar,” kata  Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Perdagangan, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Deasi Ika Notirawati, Jumat (26/4/2019).

Adapun Konsep subsidi tepat sasaran yang  disiapkan oleh pemerintah untuk mengurangi penyelewengan adalah setiap` keluarga yang berhak menerima LPG melon akan diberi kartu oleh Kementrian Sosial (Kemensos). Dana subsidi diberikan langsung melalui kartu kendali tiap awal bulan. Dengan ketentuan untuk rumah tangga miskin (RTM) sejumlah 3 tabung tiap bulan, sedangkan usaha mikro sebanyak 9 tabung per bulan.

Nantinya harga LPG regular akan fluktuatif sesuai pasar, sedangkan yang bersubsidi akan tetap. Selain itu, masyarakat yang tidak berhak menerima subsidi akan membeli LPG tabung 3 Kg sesuai harga keekonomian.

“Dari hasil pengawasan yang dilakukan, ditemukan penyimpangan penggunaan oleh konsumen yang bukan peruntukannya pembatik, peternak, petani, pemilik restoran besar,” imbuhnya. Untuk diketahui, usulan kuota LPG 3 kg Jatim tahun 2019 sebesar 1.220.980 metric ton, terealisasi 1.231.555 metric ton. Untuk Kabupaten Tuban kuota 2019 sebesar 37.863 metric ton sesuai usulan (naik 7,3 % dari realisasi 2018 sbsr 35.285 metric ton). RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Data Update Coid-19 Indonesia Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :