Published On: Ming, Okt 26th, 2014

Distamben Akui Tambang Ilegal Sulit Ditertibkan

Share This
Tags

TUBAN

Aktivitas pertambangan bahan baku keramik dengan dalih tambang rakyat dan pemerataan lahan

Aktivitas pertambangan bahan baku keramik dengan dalih tambang rakyat dan pemerataan lahan

seputartuban.com – Aktivitas pertambangan kini mulai menjamur di kawasan pedesaan yang tersebar disejumlah kecamatan. Mereka beraktivitas tidak berijin, selain itu juga alasan pemerataan tanah menjadi tameng mereka berkelit dari hukum.

Aktivitas galian C ini diantaranya sangat aktif beroperasi di kawasan selatan wilayah Kabupaten Tuban. Bahkan beberapa diantaranya telah disegel Sat Pol PP Pemkab Tuban, namun tetap saja tidak dihiraukan. Aktivitas galian tetap ramai hilir mudik dump truk mengangkut tanah hasil galian menggunakan alat berat.

Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian dan Pemetaan Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Pemkab Tuban, Cucuk Dwi S, Jumat (24/10/2014) mengatakan pihaknya kebingungan menindak aktifitas penambangan, salah satunya di wilayah Kecamatan Soko. Karena berbagai langkah telah dilakukan, namun nyatanya tetap tidak dihiraukan.

“Kami merasa kebingungan dengan pola aktifitas penambangan tanah di wilayah Desa Simo Dan Desa Menilo. Meski kemarin sudah kami berhentikan aktifitasnya, mereka kembali beroperasi. Kami sudah mencoba mengirimi surat peringatan sampai dengan kesekian kali. Namun kami mengalami kesulitan ketika pengelola tambang mengutarakan tujuan aktifitas disitu adalah pemerataan tanah,” ungkapnya.

Dilapangan tambang galian ini masih terus beraktifitas. Pemerataan tanah nampaknya sebagai alasan berlindung dari perundangan saja. Karena tanah yang digali dikirim ke wilayah Bojonegoro dibeli kontraktor untuk kepentingan pembangunan.

Kepala Desa Menilo, Mastukan membenarkan aktifitas tambang diwilayahnya belum berijin. Bahkan dia sudah memperingatkan pengurusan ijin, namun tidak diindahkan pemiliknya. “Kami sudah memperingatkan tentang alur yang semestinya dilakukan, namun tidak diindahkan oleh pengelola kegiatan,” tegasnya, Sabtu (25/10/2014).

Diketahui, aktivitas tambang liar kini menjamur disejumlah wilayah Kab. Tuban. Mereka memiliki berbagai dalih untuk menghindar dari perijinan. Belum ada satupun mereka yang juga melanggar UU Lingkungan hidup ini dijerat hukum. Kawasan selatan Tuban aktivitas pertambangan selain di kecamatan Soko juga marak terjadi dikawasan Kecamatan Parengan, Kecamatan Grabagan dan Kecamatan Rengel. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos