Published On: Ming, Okt 19th, 2014

Dishub Tuban : Sangat Diperlukan Pembatasan Usia Kendaraan

Share This
Tags

TUBAN

Kasi Hubungan Darat Dinas Pehubungan (Dishub) Pemkab Tuban, Imam Isdarmawan

Kasi Hubungan Darat Dinas Pehubungan (Dishub) Pemkab Tuban, Imam Isdarmawan

seputartuban.com – Tiap tahun volume kendaraan di Kabupaten Tuban selalu bertambah. Kondisi ini tidak sebanding dengan peningkatan kapasitas jalan dan kesadaran masyarakat. Sehingga akan menyebabkan dampak buruk bagi aktivitas masyarakat di jalan raya.

Kasi Hubungan Darat Dinas Pehubungan (Dishub) Pemkab Tuban, Imam Isdarmawan mengatakan hingga saat ini belum ada pembatasan usia kendaraan. Padahal jika terlalu tua usia kendaraan akan menyebabkan banyak fungsi kendaraan sudah tidak normal.

Hal ini akan membahayakan pengguna jalan jika tetap dipakai di jalan raya. “Sayang belum ada peraturan yang menertibkan mobol tua yang seharusnya termasuk dalam kategori besi tua,” ungkapnya, Jumat (17/10/2014).

Semakin tua kendaraan akan mempengaruhi fungsi pengereman, kelistrikan, volume bak yang tidak sebanding dengan kemampuan kendaraan. “Kami akan melakukan tindakan tegas bilamana dalam praktik di lapangana menemukan ketidak setaraan dengan peraturan yang ada di buku uji kir,” jelasnya

Pemberlakukan uji berkala kendaraan tiap enam bulan dengan kategori layak atau tidaknya kendaraan tidak cukup. Akan lebih maksimal jika terdapat regulasi tentang pembatasan usia kendaraan pengangkut yang masih diperbolehkan beroperasi di jalan raya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos