Published On: Sen, Jan 18th, 2016

Dishub Legowo Tuban Tanpa Kelola Terminal

TUBAN

AKAN HILANG : Kondisi terminal tipe B Jatirogo sepi penumpang

AKAN HILANG : Kondisi terminal tipe B Jatirogo sepi penumpang

seputartuban.com – Rencana pemerintah pusat akan mengambil alih pengelolaan terminal tipe A mendapat sambutan baik dari Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Tuban. Meski belum jelas kapan pelaksanaanya, dipastikan siap diserahkan sepenuhnya.

Sedangkan terminal tipe B akan dikelola pemerintah Provinsi Jatim. “Nantinya, terminal tipe A dikelola pusat dan terminal tipe B dikelola provinsi,” katanya, Kepala Dishub Tuban, A. Paraith, kemarin lalu.

Hingga saat ini pelaksanaannya penyerahan itu masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP) yang saat ini masih dipersiapkan. “Yang pasti, Pemkab Tuban nantinya sudah dipastikan tidak punya lagi terminal yang dikelola secara langsung,” terangnya.

Saat ini, Tuban memiliki satu terminal Tipe A dan satu terminal Tipe B. Terminal tipe A yakni terminal Kambang Putih yang berada di Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu. Sedang Terminal tipe B berada di Desa Sadang kecamatan Jatirogo.

Sehingga Pemkab Tuban akan kehilangan potensi pendapatan yang selama ini telah menyumbang APBD Tuban. Karena pengelolaanya langsung ditangani pemerintah pusat dan provinsi. Diketahui, pada tahun 2014, retribusi terminal menghasilkan Rp199.080.000. Pada tahun 2015 kisaran Rp. 212.000.000.

Sedangkan kondisi terimnal di Bancar saat ini tengah mati suri. Karena menurut Dishub secara geografis dekat dengan Terminal Jatirogo. Belum ada rencana Dishub untuk menghidupkan atau mengaktifkan terminal tersebut, meski pembangunanya saat itu juga memakan uang rakyat.

Pemerintah pusat akan mengambil alih pengelolaan terminal tipe A. Sekaligus akan diremajakan untuk peningkatan pelayanan. Diantaranya pembagian kawasan seperti bandar udara, atau setidaknya melebihi kondisi stasiun yang telah diperbaiki.

Rencana pemerintah itu mendapat sanggahan dari pemerintah daerah. Salah satunya Pemkot Solo pada akhir tahun lalu telah mengirimkan surat ke Pemerintah Pusat meminta agar Terminal Tirtonadi tetap dikelola Pemkot. Alasanya untuk menjaga kearifan lokal maupun ekonomi masyarakat.

Terminal tipe A melayani angkutan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar propinsi (AKAP), angkutan lintas batas antar negara, angkutan antar kota dalam propinasi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES).

Terminal tipe B yaitu melayani angkutan penumpang umum untuk angkutan antar kota dalam propinasi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES).  Sedangkan Terminal Tipe C berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan pedesaan (ADES). USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author