Published On: Sab, Mar 30th, 2013

Diserang Hama Dan Harga Turun, Petani Cabai Rugi

Share This
Tags

KEREK

MERADANG : Petani di kawasan Kecamatan Kerek resah lantaran tanaman cabai diserang hama, serta harga jual menurun

MERADANG : Petani di kawasan Kecamatan Kerek resah lantaran tanaman cabai diserang hama, serta harga jual menurun

seputartuban.com – Akibat diserang hama, petani cabai di kawasan Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban merugi. Diperparah, harga jual yang anjlok makin menambah petani meradang.

Seperti yang dialami oleh salah satu petani cabai, Kartono (53), warga Dusun Puter, Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Sudah hampir 1 bulan ini tanaman cabainya diserang hama. Akibatnya, 200 meter persegi lahan tanamannya panen menurun dibanding biasanya.

Jika kondisi normal, sekali panen dia bisa memanen 1 kwintal cabai. Namun setelah terserang hama, hanya mampu memanen sekitar 80 Kg saja. Hama ini menyerang pada akar dan daunnya. Sehingga, bunga tidak dapat mekar dengan baik. Selain itu, juga mengakibatkan cabai berbau busuk, karen sejak tumbuh sudah dimasuki ulat.

Untuk menghindari kerugian lebih besar, cabai harus dipanen dini. Karena jika menunggu masa panen, cabai banyak yang rontok. “terpaksa harus dipanen duluan, karena jika ditunggu sampai tua bisa rontok cabainya,” keluhnya.

Petani makin merugi, karena harga cabai menurun. 3 pekan lalu, harga cabai mencapai Rp. 13 ribu per- KG. Namun sekarang hanya terjual Rp. 6 ribu per-Kg. Hal ini makin membuat petani resah. Selain hasil panen yang turun, harga jual juga anjlok.

“Karena hama menyerang akarnya hingga buahnya. Cabai sekarang turun sapai Rp. 6 ribu per-Kg. Dulunya saya bisa panen 1 kwintal, sekarang hanya 80 Kg. Petani sini banyak yang merugi. Tanamannya busuk, ” jelasnya. (han)

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. yoga ang berkata:

    sebelum ditanam;
    1. tanah diolah dengan sempurna dan diberi furadan.
    2. benih seharusnya disemai dalam rumah bayang (agar factor virus/hewan pembawa virus tdk berinteraksi dgn cabai)
    3. jika sudah terkena virus, segera cabut tanaman cabai tersebut dan ganti dgn bibit cabai yg lain. semoga bermanfaat 🙂