Published On: Sab, Mei 17th, 2014

Disdikpora Pastikan Naskah US Tidak Bocor

Share This
Tags

TUBAN

TIDAK BOCOR : Proses pemilahan naskah soal US di Mapolres Tuban

TIDAK BOCOR : Proses pemilahan naskah soal US di Mapolres Tuban

seputartuban.com – Pendistribusian naskah Ujian Sekolah (US) tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat sampai Sabtu (17/5/2014) belum semua didistribusikan. Karena banyaknya lembaga penyelenggara US. Selain itu, karena pemisahan naskah sesuai jumlah peserta disetiap sekolah yang berbeda.

Kepala Bidang (Kabid) Kabid TK/ SD, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraha (Disdikpora), Pemkab Tuban, Sutarno saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan pendistribusian naskah. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan US mulai Senin (19/5/2014) sampai Rabu (21/5/2014) terlaksana dengan lancar.

Pihaknya terus melaksanakan pemeriksaan di setiap Mapolsek yang dipergunakan untuk menyimpan naskah. Tujuannya, agar jumlah soal sesuai dengan jumlah peserta dan tidak ada kekurangan. “Saya sedang monitor di Kecamatan kerek ini. Ya biasa distribusi naskah ujian sekolah, ” kata Sutarno, Sabtu (17/5/2014).

Untuk mengantisipasi molornya pendistribusian, setiap UPTD Disdikpora, berperan aktif. Caranya, membantu memisahkan naskah sesuai jadwal ujian. “Sejak Rabu (14/5/2014) malam naskah di Mapolres Tuban. Kamis-nya kita pilah per kecamatan, jumat kita distribusikan ke kecamatan dan sabtu (hari ini) kita pilah sesuai jadwal ujiannya, ” lanjutnya.

Peserta US SD sederajat se Kabupaten Tuban sebanyak 17.768 peserta. Terdiri dari 13. 394 peserta dari Sekolah Dasar Negeri (SDN). Untuk SD Swasta sebanyak 304 peserta, sedangkan untuk Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) sejumlah 84 siswa. Adapun untuk MI Swasta sebanyak 3. 986 siswa. “Semuanya sudah terdaftar dan naskah ujian sudah tidak ada kekurangan. Tinggal diperiksa saja dan dibagi, ” ujarnya.

Terkait potensi kebocoran soal, dipastikan tidak terjadi seperti di kabupaten lain. “Kita simpan di Mapolsek. Ada tim independen juga. Tidak akan bocor seperti kabupaten lainnya. Meskipun hasilnya biasa saja, yang penting jujur, ” tegasnya. HANAFI

Facebook Comments

About the Author