Published On: Sen, Apr 8th, 2013

Direndam Banjir, Warga Meradang

Share This
Tags

TUBAN

BERTAHAN : Warga enggan mengungsi meski banjir sudah merendam rumah mereka

BERTAHAN : Warga enggan mengungsi meski banjir sudah merendam rumah mereka

seputartuban.com – Hujan selama 3 jam mengguyur kawasan Desa Sumurgung, Kecamatan /Kabupaten Tuban, mengakibatkan banjir, Minggu (07/04/2013). Dan membuat warga harus mengevakuasi barang berharganya. ratusan rumah terendam banjir membuat warga meradang.

Banyak cara dilakukan warga untuk mengurangi dampak rendaman banjir. Memindahkan meja, kursi, almari hingga perabotan rumah tangga. Selain itu, juga menutup pintu dan pagar rumahnya dengan menggunakan papan kayu.

Bahkan beberapa warga berusaha membendung arus air dengan rerumputan dan pohon pisang. Hal ini dilakukan untuk mencegah derasnya air agar tidak menghantam dinding rumah. Banjir yang berlangsung lebih dadri 5 jam itu, membuat warga harus menjaga rumah dan hewan ternaknya. Karena masih banyak warga yang enggan mengungsi.

Seperti Wawan Sucahyo (30), warga desa setempat, dia dan keluarganya memilih bertahan dirumah. Untuk menjaga harta benda dan hewan ternaknya. Meski rumah sudah direndam air setinggi pinggul orang dewasa. “Selama bisa ditempati saya akan tetap dirumah. Saya kasih papan dengan kain, agar air tidak masuk rumah,” ungkapnya.

MERADANG : Warga hanya bisa pasrah, ketika air dengan deras menerjang rumahnya

MERADANG : Warga hanya bisa pasrah, ketika air dengan deras menerjang rumahnya

Senada diungkapkan, Suliswati (27), wanita hidup sebatangkara itu memilih tetap bertahan dirumah. Dan baru akan meninggalkan rumah jika banjir benar-benar lebih besar lagi. Karena kalau banjir tidak ada yang jaga rumah, akan digunakan kesempatan pencuri beraksi.

“Tetangga masih banyak yang di dalam rumah. Mau keluar juga jalan banjir, tidak ada tempat pindah, ya dirumah saja, ” katanya. (han)

Facebook Comments

About the Author